Tahun Ajaran Baru, UNW Gelar KPA

SERIUS: Kampus UNW Mataram menggelar Kegiatan Pengenalan Akademik (KPA) yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru di aula kampus UNW Mataram (Yan/ Radar Lombok)

MATARAM–Memasuki tahun ajaran (TA) baru Universitas Nadhlatul Wathan (UNW) Mataram menggelar Kegiatan Pengenalan Akademik (KPA) bagi mahasiswanya. Kegiatan tersebut dilangsungkan dari tanggal 7-8 September di aula kampus bersangkutan.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 400 Mahasiswa berasal dari beberapa fakultas. "Tahap pertama sudah dilangsungkan beberapa waktu lalu di Fakultas Kesehatan dengan jumlah peserta 200 mahasiswa baru," kata kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNW Mataram, Muhammad Zainul Fahmi, Rabu kemarin (7/9).

Dikatakan, ada beberapa poin disampaikan dalam Kegiatan Pengenalan Akademik (KPA) bagi mahasiswa baru tersebut. Yakni, pengenalan dan penjelasan bahwa perguruan tinggi adalah institusi yang mendapat amanah untuk menghasilkan insan intelektual, ilmuan dan professional.

Materi tersebut disampaikan Dr. Tohri yang  juga alumni UNW Mataran. Kegiatan ini juga dibuka langsung oleh Pembantu Rektor III, Lalu Wira June.

Program KPA merupakan program institusi bukan program mahasiswa. Karena itu, KPA menjadi tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi dengan kepanitiaan melibatkan unsur pimpinan perguruan tinggi, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

Dikatakan, perguruan tinggi dapat menerbitkan peraturan tentang tata perilaku mahasiswa yang berisi tata tertib dan sanksi. Ini dilakukan untuk menghindari pelanggaran atas norma, etika dan hukum.

Dikatakan, materi tersebut disampaikan Lalu Sirajul Hadi. Kegiatan lainnya yakni diisi dengan materi tentang pengenalan kehidupan kampus. Baik akademik maupun non akademik disertai materi wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, pencegahan, penanggulangan dan penyalahgunaan narkoba, serta meredam radikalisme dengan metode yang tepat.

Sementara itu, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) UNW, Lale Yaqutunnafis mengatakan, KPA diharapkan bias memberikan informasi yang proporsional kepada mahasiswa baru. Lewat KPA ini aka nada sinergisitas antara perilaku, etika dan religiusitas. (yan/adv)