Tahun Ini 864 JCH Lotim Berangkat Haji

ADMINISTRASI JCH: Para JCH Lotim sedang mengurus adminitsrasi keberangkatan ke tanah suci Makkah tahun 2017 di kantor Kemenag Lotim, Selasa kemarin (17/1) (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—Untuk tahun 2017 ini, ada sebanyak 864 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Lombok Timur (Lotim) yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Jumlah itu berdasarkan data estimasi awal yang dimiliki Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat.

Sebelumnya pemerintah Arab Saudi telah menjanjikan penambahan kuota  jemaah haji untuk Indonesia. Namun infomasi terkait itu, sejauh ini kemenag Lotim belum bisa memastikan adanya penambahan kuota untuk Lotim. Pasalnya mereka belum mendapatkan pemberitauan secara resmi dari provinsi maupun pusat.

“Kalau untuk penambahan kuota, secara resmi kami belum mendapat penambahan kuota. Tapi jumlah JCH di data estimasi awal di 2017, sebanyak 864 JCH asal Lotim yang akan berangkat,” ungkap Kasi Haji Kemenag Lotim, H. Sahuddin, Selasa (17/1).

Dikatakan, jumlah daftar tunggu JCH di NTB saat ini sangat banyak. Pasalnya,  untuk wilayah NTB, dalam menentukan kuota untuk setiap abupaten masih mengacu pada kuota NTB, bukan menggunakan kuota kabupaten.

[postingan number=3 tag=”haji”]

Sehingga pihaknya pun sulit untuk bisa menentukan, berapa jumlah kuota untuk Lotim setiap tahunya. “Jadi secara keseluruhan di provinsi itu, siapa yang masuk namanya itu yang berangkat,” terang dia.

Namun lanjutnya, jika menggunakan kuota kabupaten, mereka akan bisa dengan mudah  mengetahui berapa jatah JCH Lotim yang akan diberangkatkan, karena langsung ditentukan jumlahnya.

Dengan cara ini, maka mereka akan bisa langsung mengestimasikan berapa jumlah yang akan berangkat, untuk kemudian disesuikan dengan urutan daftar tunggu.

“Misalnya kalau di kabupaten ini jatahnya sekian, kita akan langsung tau. Tapi kalau kuota provinsi, akan bergabung dengan semua kabupaten/kota yang ada di NTB,” lanjut dia.

Sedangkan terkait dengan berapa jumlah daftar tunggu JCH Lotim. Kembalai disampaikan, berdasarkan hasil rekam data per Desember 2015 lalu, jumlah daftar tunggu JCH Lotim yang telah mendaftar mencapai 18.700 JCH lebih.

Namun untuk data tahun 2016 pihaknya belum selesai melakukan daftar ulang. Yang jelas, jumlah daftar tunggu JCH Lotim semakin bertambah dari tahun sebelumnya. “Diperkirakan kurang lebih sekitar 20 ribu daftar tunggu sampai akhir 2016,” terangnya.

Demikian waktu menunggu keberangkatan JCH, tenggat waktunya juga cukup lama. Minimal menunggu kurang lebih selama 20 tahun. Jika mendaftar tahun ini, maka JCH tersebut diperkirakan akan berangkat tahun 2030 mendatang. “Sekarang daftar tunggu semakin jauh sekali,” tandas Sahuddin. (lie)