Survei SMRC Pilkada Lobar, Fauzan Khalid belum Terkalahkan

Survei SMRC Pilkada Lobar, Fauzan Khalid belum Terkalahkan
PEMAPARAN : Peneliti SMRC, Djayadi Hanan, saat menyampaikan hasil survei terbaru lembaganya, Sabtu (9/9). (Zul/Radar Lombok )

MATARAM – Lembaga Survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru terkait Pilkada Lombok Barat. Baik lewat simulasi semi terbuka maupun duel, H. Fauzan Khalid belum terkalahkan dengan angka di atas angka 45 persen. Sementara bakal calon yang lain masih berkisar di bawah angka 10 persen.

Rilis hasil survei disampaikan oleh peneliti SMRC, Djayadi Hanan,Ph. D, di Mataram, Sabtu (9/9).

Survei dilakukan dari tanggal 20 sampai 27 Agustus lalu. Ini adalah kalanjutan dari proses survei yang dilakukan oleh lembaga ini sejak Januari 2017.  Sebelum menyampaikan hasil, Djayadi terlebih dahulu menyampaikan metode yang dipakai. Sampel yang dipakai 610 orang yang berusia 17 tahun ke atas dengan metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Toleransi kesalahan (margin of Error) diperkirakan kurang lebih 4 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai dengan teknik tatap muka.

Saat ini sekitar 60 persen warga Lombok Barat sudah tahu akan ada pelaksanaan Pilkada langsung pada 2018 nanti. SMRC melakukan beberapa simulasi untuk mengukur pilihan warga. Dimulai dari simulasi semi terbuka dengan menyodorkan lebih dari 23 bakal calon. Hasilnya, Fauzan Khalid mendapat angka dukungan paling tinggi yakni 33,9 persen, cukup jauh di atas TGH. Hasanain Juwaini dan Nauvar F. Farinduan yang baru didukung 4,8 persen, di susul Izzul Islam 3,8 persen dan Hj. Sumiatun 3,3 persen. SMRC mencatat dalam delapan bulan, dukungan ke Fauzan naik 9,4 persen, sementara calon lain tidak banyak yang berubah.

1
2
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid