Sumatera Barat Lirik Budidaya Lobster Lotim

KUNJUNGAN: Rombongan Pemprov Sumatera Barat saat berkunjung ke pusat lobster Lombok Timur kemarin. (Ist/RADAR LOMBOK)

SELONG –  Potensi budidaya lobster di Lombok Timur dilirik oleh berbagai daerah salah satunya adalah Pemrov Sumatera Barat. Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, kemarin datang bersama rombongan untuk melihat potensi dan belajar pengembangan budidaya lobster. Mereka diterima oleh  Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy bertempat di ruang kerjanya. Setelah diterima, mereka dibawa menuju lokasi budidaya lobster di Telong Elong dan Serewe Kecamatan Jerowaru.

Di kesempatan ini kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lombok Timur, M. Zainuddin, menjelaskan terkait potensi lobster di daerah ini. Wilayah Selatan Lombok Timur terutama Telong Elong dan Serewe memiliki potensi budidaya lobster yang sangat luar biasa. Bahkan lokasi budidayanya paling besar di Indonesia.”Lombok Timur telah dijadikan oleh pemerintah pusat menjadi kampung budidaya lobster nasional,” jelasnya.

BACA JUGA :  Bupati Lotim Gaungkan Pengamanan Swakarsa

Selain itu pemerintah pusat juga telah menggelontorkan anggaran miliaran untuk pengembangan lobster di wilayah selatan Lombok Timur. Termasuk juga berbagai jenis bantuan yang diberikan ke para pembudidaya.”Di bagian selatan Lombok Timur terdapat 1.762 pembudidaya yang  tersebar dari Jerowaru hingga Batu Nampar. Dan itu terbagi dalam 147 kelompok di kawasan Jerowaru. Bahkan salah satu pusat lobster mampu memproduksi lebih dari 96 hingga 62 ton lobster pasir dan lobster mutiara,” tutupnya.

BACA JUGA :  Internet Gangguan, Tes CPNS Molor

Sementara itu Wagub Sumbar, Audy Joinaldy berterima kasih kepada Pemkab Lombok Timur karena telah disambut dengan baik dan penuh kehangatan.(lie)