Sukma Akan Buka Pelayanan E-KTP dan KK di Kecamatan

Pelayanan E-KTP dan KK
KAMPANYE : Pasangan Sukma saat kampanye dialogis di Kalijaga beberapa waktu lalu. (M. GAZALI/RADAR LOMBOK)

SELONG – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur (Lotim) Nomor Urut 3, H. M. Sukiman Azmy dan H. Rumaksi (Sukma)  menaruh perhatian terhadap pelayanan publik. Terutama pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) yang saat ini masih menyulitkan masyarakat.

Pelayanan adminduk sampai saat ini masih terpusat di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Namun jika pasangan ini terpilih, maka pelayanan adminduk itu akan dialihkan ke masing-masing kecamatan.

Masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Selong. Melainkan cukup membuat E-KTP, KK maupun akta kelahiran di kecamatan. “Birokrasi yang ruwet tentunya sangat mempersulit masyarakat. Makanya ini harus dipersingkat supaya pelayanan ke masyarakat lebih cepat,” ungkap Sukiman belum lama ini.

Diungkapkan pula, saat ini pelayanan adminduk sangat menyulitkan masyarakat.  Selain proses yang panjang, masyarakat juga harus datang jauh-jauh untuk mengurus data kependudukannya itu. “Selain menghabiskan waktu, juga menghabiskan biaya yang banyak,” terangnya.

Sementara proses adminduk itu sendiri tidak bisa selesai di hari itu juga. Mereka pun terpaksa harus datang lagi untuk bisa mendapatkan E-KTP, KK maupun akta kelahiran. Di sisi lain, masih banyak yang lebih penting yang harus mereka kerjakan. “Bayangkan kalau masyarakat itu datang dari Sembalun, Sambelia dan Jerowaru. Berapa biaya yang harus mereka habiskan,” terangnya.

Tidak hanya soal pelayanan adminduk. Sukma juga bertekad lebih mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Yaitu dengan cara membuatkan Pustu maupun Puskesmas di setiap desa maupun kecamatan. Jadi masyarakat tidak perlu harus datang ke Selong untuk mendapatkan pengobatan maksimal. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut