Sukiman dan Iqbal Diajukan ke DPP PBB

DAFTAR: Sukiman Azmy saat daftar di Desk Pilkada DPW PBB NTB, beberapa waktu lalu. (DOK/RADAR LOMBOK)

MATARAM  – Desk Pilkada DPW Partai Bulan Bintang (PBB) NTB sudah menutup bursa pendaftaran calon gubernur dan calon wakil gubernur. Dipastikan hanya dua pendaftar yakni Sukiman Azmy dan Lalu Muhammad Iqbal.

“Berkas kedua calon gubernur itu sudah kita serahkan ke DPP, Senin (10/6) lalu,” kata Ketua DPW PBB NTB Junaidi Arif kepada Radar Lombok, kemarin.

Selanjutnya, DPP akan mempelajari berkas kedua calon. Dalam menentukan arah dukungan, DPP PBB menetapkan sejumlah indikator. Di antaranya, hasil survei elektabilitas. Untuk itu para bakal calon diminta menyerahkan hasil survei kredibel. “Dan sekarang sedang proses pembahasan dan telaah mendalam di DPP,” imbuhnya.

Ia pun menyarankan kepada dua kandidat itu proaktif dalam membangun komunikasi politik dengan DPP. Bagaimanapun, kesungguhan dari kedua calon untuk menggunakan PBB sebagai kendaraan politik bisa dilihat dari sejauh mana proaktif berkomunikasi dengan PBB.

Nantinya, DPP menerbitkan surat tugas yang meminta kepada para bakal calon agar menetapkan pasangan dan mencari parpol mitra koalisi. Mengingat PBB hanya memiliki 2 kursi di DPRD NTB hasil pileg 2024. Sementara syarat minimal untuk bisa mengusung paslon yakni 13 kursi. “Kita perkirakan surat tugas akan diberikan awal Juli,” terangnya.

Sejauh mana surat tugas itu dilaksanakan, menjadi pertimbangan DPP  menerbitkan SK final atau SK model B1KWK yang akan dipergunakan daftar di KPU. “Kita lihat saja nanti ke depan proses di DPP,” lugasnya. (yan)

Komentar Anda