Sukiman dan IJU Berebut Kursi Ketua Demokrat

DAFTAR: Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy menyerahkan berkas pendaftaran sebagai Bakal Calon Ketua DPD Partai Demokrat NTB ke panitia musda, Sabtu lalu (18/12). (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM–Pendaftaran Bakal Calon Ketua DPD Demokrat NTB sudah ditutup oleh panitia musda, Sabtu lalu (18/12). Dipastikan hanya dua orang yang resmi mendaftar yakni Indra Jaya Usman selaku Ketua DPC Demokrat Lombok Barat dan Sukiman Azmy Bupati Lombok Timur yang kini sudah resmi menjadi kader Demokrat. “Hingga ditutupnya pendaftaran, hanya dua orang yang mendaftar yakni IJU dan Pak Sukiman,” ungkap Sekretaris Panitia Musda Andi Mardan kepada Radar Lombok, Minggu (19/12).

Panitia kata Andi sedang memverifikasi keabsahan persyaratan dukungan yang diserahkan. Jika dinyatakan terverifikasi dan memenuhi persyaratan, maka pendaftaran keduanya akan dibahas pada Musda di Hotel Golden Palace, Senin (20/12).

Adapun syarat mendaftar yakni menjadi kader Demokrat dan mendapatkan dukungan setidaknya 20 persen dari total 13 pemilik suara yakni DPP, DPD, sayap partai dan 10 DPC kabupaten/kota. “Musda nanti akan dibahas dan ditetapkan dari balon jadi calon,” papar Anggota DPRD Lombok Tengah ini.

BACA JUGA :  PAN Lotim akan Buka Pendaftaran Cabup

Ditegaskannya, Musda kali ini berbeda dengan sebelumnya. Musda hanya berwenang membahas dan menetapkan calon ketua. Kemudian nama calon diserahkan ke DPP untuk ditetapkan satu orang menjadi ketua. Adapun pengajuan nama ke DPP ini, pihaknya akan mengedepankan musyawarah mufakat atau aklamasi sehingga hanya satu orang yang akan diajukan ke DPP.

Jika tidak tercapai aklamasi, maka kedua nama itu akan diteruskan ke DPP untuk mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan. Hasil fit and proper test itu nantinya akan menjadi salah satu pertimbangan DPP dalam menetapkan Ketua DPD Demokrat NTB 2021-2026.

Terkait persiapan Musda, Andi mengatakan sudah siap 99 persen. Musda akan dibuka secara virtual oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Kendati begitu, sejumlah unsur DPP yakni BPOK DPP Demokrat dipastikan akan hadir secara langsung.

BACA JUGA :  Akses Pemilu Bagi Penyandang Disabilitas Minim

Sementara itu, Sukiman Azmi mengaku sudah menyerahkan berkas pendaftaran ke panitia musda di daerah, di samping juga menyerahkan pendaftaran ke DPP. Soal dukungan sebagai syarat maju, Bupati Lotim ini mengaku sudah mendapatkan dukungan dari DPC. “Berkas pendaftaran, dan dukungan DPC kabupaten/kota sudah terpenuhi,” terangnya tanpa mau menyebutkan rincian dukungannya.

Sementara itu, IJU juga mengaku sudah menyerahkan berkas pendaftaran di panitia musda dan di DPP. IJU mengaku sudah mengantongi dukungan enam DPC yakni Lombok Barat, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu dan Kota Bima. “Sebetulnya pendaftaran kita lakukan di DPP, kita hanya melengkapi berkas pendaftaran saja di panitia musda,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Demokrat NTB TGH Mahally Fikri dipastikan tidak mendaftar. Belum diketahui penyebabnya. Namun rumor yang berkembang, Mahally mendukung Sukiman Azmy. (yan)