Sukiman Azmy Resmi Jadi Kader Partai Demokrat

H Sukiman Azmi (DOK / RADAR LOMBOK)

MATARAM — Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy dipastikan sudah bergabung dan jadi kader Partai Demokrat. Hal itu disampaikan ketua DPD Partai Demokrat NTB, TGH Mahally Fikry, kemarin

“ Pak Sukiman sudah jadi kader Partai Demokrat,” katanya.

Bergabung Bupati Lotim itu ditandai dengan sudah ada Kartu Tanda Anggota (KTA) yang diterbitkan oleh DPP.

“DPP sudah menyampaikan KTA pak Sukiman, agar menjadi permakluman bagi DPD I, bahwa beliau sudah jadi kader Partai Demokrat,” terangnya.

Diakui Mahally, dengan Sukiman sudah mengantongi KTA Partai Demokrat, maka yang bersangkutan berhak juga untuk bisa mencalonkan diri di musda. Namun tentunya, kata dia, sesuai aturan, kader mau maju mencalonkan diri di musda harus didaftarkan oleh 20 persen pemilik suara sah (Ketua DPC kabupaten/kota dan DPD I).

BACA JUGA :  Najamuddin Terus Pepet PDIP dan Hanura

“Sebagai kader, beliau (Sukiman Azmy.red) berhak mencalonkan diri. Asalkan memenuhi persyaratan ada,” ucapnya.

Menanggapi Bupati Lotim Sukiman Azmy sudah mengantongi KTA Partai Demokrat,
Pengamat politik UIN Mataram, Ihsan Hamid menilai, dengan Sukiman Azmi sudah ber KTA partai Demokrat, sebagai upaya untuk memuluskan langkah Bupati Lotim untuk bisa maju mencalonkan diri di musda.

“Ini langkah agar pak Sukiman bisa maju di musda,” imbuhnya.

Ihsan menilai, Bupati Lotim itu punya kans cukup besar untuk bisa memimpin Partai Demokrat. Ada beberapa alasan membuat Sukiman punya kans besar untuk memimpin Partai Demokrat. Yakni, pertama, Partai Demokrat di NTB membutuhkan figur yang kuat untuk bisa memimpin partai dalam hadapi Pemilu 2024 dan pilkada serentak 2024.

Dengan tokoh kuat itu, itu bisa menjadi warna tersendiri bagi partai Demokrat dalam hadapi persaingan di Pemilu 2024. Kedua, Partai Demokrat di NTB membutuhkan transformasi kepemimpinan di internalnya. Dengan transformasi kepemimpinan di internal itu, Partai Demokrat di NTB makin kuat secara insfrastruktur dan mesin partai.

BACA JUGA :  DPC PPP Lotim Dilanda Perpecahan

“ Tokoh ini bisa menjadi perekat di internal Demokrat,” terangnya.

Pengamat politik UIN lainnya, Dr Kadri menilai, dengan jabatan Sukiman Azmy sebagai Bupati Lotim jadi modal kuat bagi dirinya menakhodai Partai Demokrat. Terlebih, saat ini ada tren ketua partai di daerah lebih dikehendaki yang menjabat kepala daerah.
Dengan kondisi itu, menjadi keunggulan dan kelebihan tersendiri bagi Sukiman Azmy.

“ Saya kira Demokrat di NTB bisa makin maju dipimpin pak Sukiman,” pungkasnya.(yan)