Suhaili Bimbang Pilih Pendamping

Suhaili FT
Suhaili FT (M.Haeruddin/Radar Lombok)

MATARAM—Bupati Lombok Tengah yang juga ketua DPD Partai Golkar NTB  HM Suhaili FT  salah satu bakal calon gubernur yang banyak didekati figur lain untuk mendampinginya sebagai calon gubernur di pilkada NTB.

Dia mengaku  dirinya sangat bimbang menentukan siapa yang akan menjadi pendampingnya. Pasalnya  orang yang mendatanginya dan menyatakan diri   siap menjadi wakil semuanya orang- orang pilihan. “Saya saat ini merasa bimbang untuk memilih siapa pendamping saya karena sangat banyak yang mendekat,”ujar Suhaili, Jumat kemarin (14/7).

Suhaili mengklaim hingga saat ini sudah sepuluh orang dari berbagai latar belakang yang mendatanginya. Kedatangan mereka untuk menyatakan kesiapanya mendampingi dirinya di pilkada mendatang. Namun tawaran itu tidak langsung dia terima. Bagi Suhaili, saat ini dirinya masih menyeleksi dan berpikir siapa pendamping yang tepat bagi dirinya. “Kalau masalah pendamping saya sudah sepuluh orang yang datang. Makanya saya sangat bimbang untuk saat- saat ini dalam menentukan pilihan,” tambahnya sembari tersenyum.

Ditanya apakah wakilnya nanti adalah dari calon yang diusung Nahdlathul Wathan (NW) Pancor yakni Hj Siti Rohmi Djalilah, dirinya hanya tersenyum dan seraya menjawab jika saat ini dirinya masih memilah pendamping  yang paling baik diantara yang terbaik untuk mendampingi dirinya. “Nanti saja kita lihat intinya. Saya masih bimbang untuk hari- hari ini dalam menentukan pendamping saya, saking banyaknya yang menyatakan kesiapapan jadi pendamping,” ujarnya.

Tidak ingin membuat orang yang ingin mendampinginya nanti kecewa, membuat Suhaili beberapa hari ini selalu menjalani ritual keagamaan untuk meminta petunjuk agar sang pencipta memberikan pilihan yang terbaik untuk dirinya. Karena baginya sepuluh orang yang datang padanya merupakan orang- orang yang baik dan sudah layak menjadi pemimpin.”Yang sepuluh orang ini bagus-bagus sehingga saya bimbang. Untuk menentukan itu sehingga sudah tiga malam ini saya selalu salat istiqharah untuk bisa mendapatkan jawaban,”ujarnya.

Dijelaskan  dirinya sangat optimis bisa menduduki kursi  gubernur  pada perhelatan pilkada nantinya. Hal itu setelah pihaknya melihat ritme politik  di NTB. Banyak aspirasi  masyarakat menginginkan dirinya maju sebagai calon gubernur. “Insya Allah, kalau itu besar kemungkinan bahkan saya yakin menang Karena masyarakat juga banyak yang menginginkan itu,”ujarnya sembari memeluk salah satu tokoh adat dari Bayan, Lombok Utara.

Suhaili sudah menyatakan kesiapannya maju sebagai calon gubernur. Dia juga sudah mendapatkan rekomendasi dari Partai Golkar. Dia juga sudah mendaftar di sejumlah partai politik untuk mengusungnya di pilkada nanti. Selain mendekati partai politik, dia juga aktif menjalin komunikasi dan menggelar silaturahmi politik  dengan kandidat lainnya serta elemen masyarakat. “Kalau masalah pendamping kita masih istiqharahkan agar usaha kita tetap maksimal dan tentunya yang sejalan ingin membangun NTB,”ujarnya.

Sebelumnya, beberapa figur yang disebut-sebut pernah menjalin komunikasi  Suhaili seperti Aris Muhammad bendahara umum PBB, Johan Rosihan anggota DPRD dari PKS dan Mori Hanafi wakil ketua DPRD NTB dari Partai Gerindra serta Nurdin Ranggabarani anggota DPRD  NTB dari PPP. Lalu ada Tiar Rachman Harun Al Rasyid dan yang belakangan ramai disebut Suhaili  pernah  bertemu dengan Ketua PB NW Pancor TGH Zainul Majdi terkait  duet Suhaili dengan Hj Siti Rohmi Djalilah.  Selanjutnya, ada nama M Amin Ketua DPD Partai Nasdem NTB yang saat ini menjabat sebagai wakil gubernur.

Sebelumnya, Ketua Harian DPD Partai Golkar NTB, Misbah Mulyadi, mengatakan  Partai Golkar masih menunggu hasil survei terkait tingkat elaktabilitas atau daya keterpilihan terhadap sejumlah figur yang digadang – gadang sebagai pendamping Suhaili FT di pilkada NTB.

Dikatakan, dalam survei tersebut ada sejumlah figur disimulasikan berpasangan dengan calon gubernur dari Partai Golkar tersebut. Misalnya, figur dari pulau Lombok yakni, Hj Siti Rohmi Djalilah dan Selly Handayani. Adapun figur dari Pulau Sumbawa yakni, Morry Hanafi, Johan Rosihan, Nurdin Ranggabarani, Muhammad Amin, Qurais H. Abidin dan  Badrul Munir.” Kita masih tunggu hasil survei,” katanya belum lama ini.

Terpisah Wakil Ketua DPD Partai Golkar NTB Bidang Kerja Sama Antar Lembaga Hasan Masat mengatakan, Partai Golkar sangat terbuka dengan figure manapun yang akan mendampingi Suhaili FT di pilkada nanti. Namun ada mekanisme yang mesti diikuti sebelum penetapan figure yang akan digandeng nanti. Hasan menunjuk sebelum penetapan akan dilakukan survei. ‘’ Hasil survei ini akan sangat menentukan,’’  katanya.

Menurutnya, figure yang akan mendampingi Suhaili itu tidak cukup hanya populer tetapi memiliki elektabilitas tinggi sehingga berkontribusi  terhadap perolehan suara pada pilkada nanti.  ‘’Disamping itu, tentu ada kesiapan-kesiapan lain seperti soal logistik,’’ tambahnya.Diakuinya, sampai saat ini   belum diputuskan  siapa yang akan mendampingi  Suhaili FT pada pilkada nanti.  (cr-met/yan)

BACA JUGA :  Reses Baiq Isivi Disambut Semarak