Suhaili-Amin Perjuangkan NTB Tuan Rumah PON

Suhaili Amin
BERJUANG : Pasangan Suhaili-Amin akan perjuangkan NTB bisa menjadi tuan rumah PON XXI tahun 2014. (AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK)

MATARAMPasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTB HM Suhaili FT dan H Muhammad Amin (Suhaili-Amin) akan memperjuangkan Provinsi NTB bisa menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 mendatang.

Calon wakil gubernur NTB, H Muhammad Amin yang saat ini masih menjabat sebagai Wagub sangat ingin menjadi tuan rumah PON. “Kita akan usahakan, akan perjuangkan agar bisa jadi tuan rumah. Apalagi saya ini kan sebagai Wagub dan pak Suhaili Bupati, meski cuti kami ingin berkontribusi untuk NTB,” ujarnya kepada Radar Lombok, Senin kemarin (2/4).

Provinsi NTB mengajukan diri sebagai tuan rumah PON bersama Provinsi Bali. Direncanakan keputusannya pada akhir bulan April ini. Nantinya seluruh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi akan memilih Provinsi yang layak menjadi tuan rumah 2024 setelah Papua yang menjadi tuan rumah PON 2020.

Kuatnya keinginan Amin ingin menjadikan NTB-Bali sebagai tuan rumah PON, karena akan membawa dampak positif yang cukup besar. Terutama bagi kesejahteraan masyarakat NTB dalam berbagai sektor. “Ini kesempatan emas, aktivitas perekonomian masyarakat akan meningkat. Kalau pendapatan meningkat, tentu saja kesejahteraan menjadi dekat,” ucapnya.

NTB-Bali menjadi tuan rumah bersama telah dinyatakan layak oleh Tim Verifikasi Penjaringan dan Penyaringan PON KONI. Namun, harus bersaing juga dengan Provinsi lainnya untuk mendapatkan kepercayaan tersebut. Awal Maret lalu, tim verifikasi sudah mengunjungi beberapa venue di Kota Mataram seperti GOR 17 Desember, Lapangan Malomba, eks Bandara Selaparang, dan Auditorium Abu Bakar Universitas Mataram dan lain-lain. “Kita sudah siap jadi tuan rumah, dan dinyatakan secara umum juga siap. Tinggal yang masih kurang, bisa kita benahi kok,” kata Amin.

Oleh karena itu, dirinya akan berusaha melakukan komunikasi-komunikasi dengan KONI Provinsi lain. Mengingat, nantinya akan dipilih oleh seluruh KONI Provinsi di Indonesia. “Kita perlu lakukan lobi-lobi,” imbuhnya.

Menjadi tuan rumah PON, lanjutnya, bukan hanya bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. Namun Provinsi NTB juga akan semakin dikenal dan dikunjungi banyak orang. Itulah momentum yang sangat penting untuk mempromosikan berbagai potensi daerah. Dirinya selaku peserta Pemilihan kepala daerah (Pilkada) bersama H Suhaili FT, yakin NTB bisa diandalkan menjadi tuan rumah. Apalagi selama ini, kegiatan berskala nasional hingga internasional sudah biasa dilakukan di NTB. “Saya bersama pak Suhaili kan sejak awal sudah jelas komitmennya untuk kemajuan olahraga, ini salah satu langkah konkrit kita mewujudkan itu dengan menjadi tuan rumah,” katanya.

Salah satu program pasangan Suhaili-Amin memang telah ditetapkan yaitu pembangunan stadiun bertaraf internasional. “Itu komitmen kita, mari memajukan NTB dari berbagai sektor. Ikhtiar saya bersama TGB selama ini, jangan sampai terhenti. Kita harus terus lanjutkan dan tingkatkan,” seru Amin yang juga Ketua Nasdem NTB.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi NTB, H MNS Kasdiono juga sangat mendukung NTB bisa menjadi tuan rumah PON tahun 2024 bersama Bali. “Kita harus berjuang agar bisa jadi tuan rumah. Kita layak kok jadi tuan rumah,” ujar politisi partai Demokrat itu. (tim)