Subuh Keliling Akan Dihidupkan Lagi

GIRI MENANG – Pemkab Lombok Barat menggelar safari Ramadan terakhir di Masjid Al-Mujahidin Dusun Karang Sembung Desa Merembu Kecamatan Labuapi, Kamis (16/6). Seperti di tempat-tempat sebelumnya, Bupati H. Fauzan Khalid sebagai pimpinan rombongan safari memberikan ceramah keagamaan dan juga memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

Kegiatan Safari Ramadan telah berlangsung selama 10 hari. Masing-masing kecamatan dipilih satu desa sebagai lokasi safari. Safari dimulai dari Kecamatan Sekotong dan berakhir di Kecamatan Labuapi.

BACA JUGA :  Kepergok Mencuri, Diarak Keliling Trawangan

Sementara itu, Bupati H. Fauzan Khalid berencana menghidupkan kembali program Subuh Keliling. Kemarin, Fauzan sholat Subuh berjamaah di Masjid Hidayatul Mukhtar Desa Kuripan Kecamatan Kuripan. Usai sholat, Fauzan menyampaikan pidato yang intinya mengajak masyarakat memperbaiki lingkungan masing-masing. “ Kita mulai dari yang kecil-kecil dulu. Dari rumah kita, dari keluarga kita, dari diri kita,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, tradisi Subuh Keliling dulu dijalankan oleh Bupati Lombok Barat HL. Mujitahid. Mujitahid menggilir masjid-masjid warga setiap hari Jum’at. Biasanya, setelah sembahyang Subuh, dilanjutkan dengan kegiatan Jum’at bersih.Program ini pernah membuat Lombok Barat menjadi daerah percontohan secara nasional. Warga juga menyambut positif kegiatan Subuh Keliling. “ Ini cara kita lebih dekat dengan masyarakat,” ungkap Fauzan Khalid saat ditanya soal ini.

BACA JUGA :  Kapolda Minta Warga Jangan Demo Lagi

Fauzan mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan bulan puasa untuk saling berbagi satu sama lain, sehingga suasana persaudaraan lebih terasa. Ramadan juga momen meningkatkan kualitas ibadah.(flo)