STQ Korpri Ikhtiar Membumikan Al-Qur’an

STQ: Peserta STQ saat tampil di Musala Aisyah Pemkot Mataram kemarin (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM – Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana membuka secara resmi penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Korpri ke-V tingkat Kota Mataram di Musala Siti Aisyah kantor Wali Kota Mataram kemarin. STQ yang diikuti jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kota Mataram ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan setiap bulan ramadan sebagai upaya peningkatan pemahaman dan kecintaan terhadap Al-Qur’an. Ini juga sebagai ajang mencari qori’ dan qori’ah terbaik yang akan mewakili Mataram pada ajang yang sama tingkat provinsi mendatang.

Dalam sambutannya, H. Mohan Roliskana mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai syi’ar berlandaskan ukhuwah islamiah. Dimana karyawan-karyawati lainnya dapat ikut menyimak lantunan ayat Al-Qur’an yang dibacakan peserta. “Berkumandangnya Al-Qur’an dengan bacaan yang benar dan indah, semoga bisa membawa keberkahan bagi kita semua,” harapnya.

BACA JUGA :  Mataram Incar Adipura Tahun Ini

Mohan berpesan agar selama bulan ramadan ini ASN Kota Mataram dapat terus melaksanakan tugas-tugasnya seperti biasa. Meski tengah menjalankan ibadah puasa ramadan, namun jangan sampai ada tugas yang tertinggal dan tidak dikerjakan. Karena bagaimanapun diingatkan Mohan, profesi ASN merupakan profesi yang sangat menguntungkan. Meski secara materi tidak terlalu besar, namun memiliki kepastian selama yang bersangkutan dapat menyelesaikan tugas dengan penuh komitmen. “Syukuri jadi ASN, tinggal bagaimana pengabdian pada masyarakat, bangsa, dan negara,” ingatnya.

Sampai pada saat pembukaan, peserta STQ yang mendaftar tercatat 64 orang masing-masing 43 laki-laki dan 21 perempuan. STQ akan digelar selama tiga hari. STQ tahun ini menyediakan hadiah dalam jumlah yang cukup besar.

Ketua panitia STQ,  H. Syaiful Mukmin menjelaskan, yang dilombakan  diantaranya pembacaan Al-Qur’an dengan murottal dan bukan tilawah.(ami)