STM Serius Garap Potensi Tambang Hu’u

SILATURAHMI: Direktur PT STM silaturahmi dengan Pemda Dompu, Sabtu lalu.

DOMPU-PT Sumbawa Timur Maining (STM) mengaku Kecamatan Hu'u memiliki potensi pertambangan. Mereka berkomitmen akan menggarap Hu'u dengan serius.

Hal itu disampaikan Presiden Direktur PT STM, Hadiyanto saat silaturrahmi dengan Pemda Dompu, Sabtu (4/3).  Acara yang digelar di Pandopo bupati itu, dihadiri Bupati Dompu, Kejari, Dandim, Kapolres, Ketua Pengadilan Negeri, Sekda, sejumlah pimpinan SKPD, camat  dan seluruh kepala desa se Kecamatan Hu'u.

Pada kesempatan itu, Hadiyanto menyampaikan, sesuai hasil riset dan hitungan pakar tambang. Hu'u sangat berpotensi menjadi daerah pertambangan besar. Meski saat ini katanya, masih dalam tahap eksplorasi.

Diakui, beberapa tambang yang masih eksplorasi saat ini sudah dihentikan di beberapa negara. Seperti, Cina, Filipina, Papua Nugini dan beberapa negara lain di Asia. Langkah itu diambil, karena perusahaan ingin serius menggarap tambang di Hu'u. "Perusahaan kami serius menggarap Hu'u menjadi daerah tambang besar," terangnya.

[postingan number=3 tag=”tambang”]

Selama ekplorasi perusahaan tetap memperhatikan aturan pertambangan. Termasuk memperhatikan kesejahteraan masyarakat lingkar tambang. Menjaga kelestarian lingkungan dan  hutan sesuai komitmen bersama Pemda. "Kami berharap Pemda menpersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) ketika tambang sudah beroperasi," harap Hadiyanto.

Perkembangan eksplorasi PT  STM yang berhasil direalisasikan tahun 2016 sebanyak 12 lubang bor dengan rata-rata kedalaman lebih dari 100 meter. Ditambah satu lubang bor dengan kedalaman 11.334 meter  dengan biaya US$ 13.775.006. "Untuk tahun ini kita rencanakan ada penambahan biaya sebesar US$ 26.070.000," sebutnya.

Sementara Bupati Dompu H Bambang M Yasin menyampaikan terimakasih atas kunjungan PT STM. Dia berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan, agar Pemda dan masyarakat bisa mengetahui perkembangan kegiatan PT STM.

Dengan pemaparan perkembangan hasil eksplorasi Pemda tentu akan siap mendukung. Mudah-mudahan mimpi Dompu mempunyai tambang emas menjadi kenyataan. "Kita harus bersabar dan terus mendukung eksplorasi PT STM," harapnya kepada tamu undangan. (jw)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid