Status Lotim Tanggap Darurat, Belasan Ribu Warga Masih Mengungsi

Jumlah Kepala Keluarga (KK) terdampak dipastikan lebih dari 1.000 KK. Rumah rusak berat 373 unit, rusak ringan 260 unit dan lainnya rusak sedang.

5 fasilitas kesehatan juga telah rusak di Lombok Timur. Kemudian 9 fasilitas peribadatan rusak, 5 fasilitas pendidikan dan 1 fasilitas jembatan. “Masih banyak juga pendaki di gunung Rinjani, itu yang sedang dievakuasi,” kata Rum.

Data terbaru di Lombok Utara, jumlah yang meninggal dunia tetap 4 orang. Sebanyak 12 ribu orang masih mengungsi. “Rumah rusak sedang 74 unit, rusak ringan 255 unit dan fasilitas umum juga rusak. Ada 4 masjid jembatan, 4 musholla, 2 sekolah, 3 Pura,” papar Rum.

Penanganan bencana, dilakukan dengan cara berkoordinasi dengan Bupati, BPBD Kabupaten beserta pihak-pihak terkait lainnya. “Kita BPBD memback-up peralatan dan kebutuhan logistik yang diperlukan,” ujarnya.

BACA JUGA: Kopasus Diterjunkan Evakuasi Pendaki Gunung Rinjani

Upaya yang telah dilakukan BPBD Provinsi NTB, mengevakuasi korban luka-luka. Dengan mendirikan posko dan Rumah Sakit Lapangan di 3 titik di kecamatan Sembalun, Belanting dan Kecamatan Sambelia.

BACA JUGA :  Siswa SMA Terdampak Gempa Dapat KIP