Spesialis Begal Wisatawan Asal Lombok Timur Dilumpuhkan

Spesialis Begal Wisatawan Dilumpuhkan

Spesialis Begal Wisatawan Dilumpuhkan
DITEMBAK: Pelaku begal yang sering beraksi di kawasan objek wisata Pantai Kaliantan, dan wilayah Jerowaru lainnya, Jasriadi, alias Jas, terpaksa ditembak petugas karena berusaha kabur dan melawan petugas. (IRWAN/RADAR LOMBOK)

SELONG—Tim Operasi Jaran Gatarin 2018 Polres Lombok Timur (Lotim), dan Polsek Jerowaru Polres Lotim, Kamis lalu (25/1), sekitar pukul 15.30 Wita, berhasil menangkap seorang pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) atau begal yang sering beraksi di objek wisata Pantai Kaliantan, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lotim.

Jasriadi alias Jas (20 tahun), alamat Dusun Tangar, Desa Wakan, Kecamatan Jerowaru ini dicokok aparat berdasarkan laporan LP/115/IX/2017/NTB/Res. Lotim/Sek. Jerowaru, tanggal 3 September 2017 lalu tentang tindak pidana Curas, sebagaimana dimaksud dalam pasal 365 KUHP.

“Pelaku kami tangkap di daerah Wakan. Dimana saat hendak dilakukan pengembangan terhadap pelaku lainnya, Jas memberontak dan hendak melarikan diri. Bahkan ketika petugas melepaskan tembakan peringatan ke udara, pelaku tetap tidak mengindahkan, sehingga akhirnya terpaksa dilakukan tembakan lurus ke arah kaki, menembus betis kiri pelaku,” jelas Kapolres Lotim melalui Kasat Reskrim, AKP Joko Tamtomo, Jumat kemarin (26/1).

BACA JUGA :  Tua Bangka Diduga Cabuli Bocah Ingusan

Dijelaskan, pada saat beraksi, pelaku yang berjumlah 4 orang ini juga nekat melakukan di siang bolong, dengan cara menodongkan senjata tajam (Sajam) kepada korban yang saat itu yang sedang berwisata dan berenang di Pantai Kaliantan bersama 4 orang temannya.

Para pelaku yang berjumlah 4 orang tersebut kemudian menghampiri korban, dan langsung menodongkan pisau ke leher korban, sambil meminta kunci motornya. Karena takut, korban pun akhirnya memberikan dua kunci motornya, yang langsung dibawa kabur oleh para pelaku.

“Barang bukti yang berhasil dirampas oleh pelaku pada waktu itu berupa 2 unit sepeda motor, 2 HP Samsung, 2 Kamera Digital, dan uang tunai sebesar Rp 800 ribu. Sehingga total kerugian yang dialami korban mencapai sekitar Rp 36,5 juta,” jelasnya.

Disampaikan Kasat Reskrim, pelaku Jas sendiri, bersama tiga orang temannya (dua pelaku lain tertangkap duluan), telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang NO: DPO/04/XI/2017/SEK. Jerowaru, dan merupakan spesialis begal yang sering beraksi di wilayah Pantai Kaliantan dan Jerowaru lainnya, terutama di kawasan objek pariwisata. ”Untuk pelaku sendiri saat ini sudah kita amankan di Mapolres Lotim untuk dilakukan pengembangan, dan proses hukum lebih lanjut,” kata Joko.

Ditempat terpisah, keberhasilan serupa juga dilakukan oleh anggota Polsek Montong Gading. Berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/05/I/2018/Ntb/Res Lotim/Sek.mt gading, tanggal 25 Januari 2018. Dimana PS Kanit Reskrim Polsek Montong Gading Res Lotim, bersama anggota Opsnal yang di pimpin oleh Kapolsek Montong Gading, Ipda Lalu Jaharudin, juga telah berhasil menangkap dan mengamankan seorang pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat), sesuai dengan pasal 363 KUHP.

BACA JUGA :  Cinta Terlarang Aparatur Desa, Pemerkosa dan Penganiaya Akhirnya Tersangka

Pelaku yang ditangkap itu berinisial AM (17 tahun), yang saat ini masih berstatus sebagai pelajar, dan tinggal di wilayah Kecamatan Sikur, Lotim. Pelaku ditangkap di salah satu Madrasah yang ada di Kecamatan Masbagik tanpa perlawanan.

Dari tangan pelaku, barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu buah HP merk Samsung J3. “Pada saat menjalankan aksinya, pelaku ini masuk melewati pintu depan, dan langsung menuju pintu kamar dengan cara mendobrak pintu kamar sehingga rusak. Setelah itu pelaku mengambil sebuah HP merk Samsung milik korban,” pungkas Joko. (cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut