Sosok Almarhum Warsito, Gubernur NTB Penggagas Bandara Internasional di Lombok

JAKARTA–Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Gubernur NTB ke-4 Mayjen TNI (Purn) Dr H. Warsito, SH, MM meninggal dunia pada usia 83 tahun pada Kamis, 29 September 2022 pukul 12.55 WIB di RSPAD Jakarta Pusat.

Gubernur Warsito memimpin NTB selama 10 tahun (1988-1998). Dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi NTB, Warsito mewariskan satu prestasi besar dari pendahulunya yang berhasil membawa NTB swasembada beras pada 1984.

Warsito kemudian memantapkan capaian swasembada beras itu dengan terus mendorong peningkatan produksi melalui peningkatan produktivitas dan perluasan areal tanam.

Baca Juga :  Gubernur NTB ke-4 Mayjen TNI (Purn) Warsito Meninggal Dunia

Di masa pemerintahan pria kelahiran Kroya, Banyumas, Jawa Tengah, 10 Oktober 1938 ini, produksi padi NTB meningkat dengan pasti.

Namun sekali pun swasembada beras telah NTB raih, tantangan menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat masihlah sangat besar.

Inilah yang menjadi tantangan besar di era Gubernur Warsito. Selama 10 tahun memimpin NTB, sejumlah fondasi penting diletakkan. Salah satu yang menonjol yaitu fondasi pembangunan sektor pariwisata.

Baca Juga :  Bendera Setengah Tiang Dikibarkan Hari Ini di NTB

Warsito kemudian belakangan disebut sebagai Bapak Pariwisata NTB. Potensi pariwisata NTB memang besar dan tantangan mengembangkannya pun besar.

Gagasan memiliki bandara internasional kawasan selatan Lombok, membangun infrastruktur jalan dan membentuk Badan Promosi Pariwisata Lombok-Sumbawa, embrionya dimulai di era Warsito. Kemudian dilanjutkan dengan lebih nyata dan besar oleh gubernur-gubernur berikutnya. (RL)

Komentar Anda