Pertama di Indonesia, NTB Bakal Dijadikan Sport Tourism

Bandara Lombok Internasional Airport (LIA) tak sekedar berbisnis penerbangan saja. Tapi, bandara itu akan mulai merambah dunia bisnis lainnya di tengah luas lahan yang dinaungi PT Angkasa Pura I LIA itu.

 


DALAAH-PRAYA


 

MINGGU (5/6), Generam Manager PT Angkasa Pura I LIA, I Gusti Ngurah Ardita bersama Dirlantas Polda NTB, Kombespol Budi Indra Irawan, Kapolres Lombok Tengah AKBP Nurodin, Dandim 1620/WB Letkol Inf Arie Tri Hedianto, Ketua KONI NTB, Andi Hadianto, dan Ketua Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB, M Nur Haedin mensosialisasikan rencana pembangunan sirkuit motor cross di area Bandara LIA. Acara itu sekaligus dirangkai dengan Kejuaraan Provinsi IMI NTB-PT Angkasa Pura I Drag Bike 2016, yang dihelat selama dua hari tanggal 4-5 Juni kemarin.

General Manager PT Angkasa Pura I, I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, keberadaan Bandara LIA tak sekedar dijadikan bisnis semata. Namun, lebih dari itu pihak bandara berniat untuk ikut serta mengembangkan pariwisata di NTB. Salah satunya dengan membangun sirkuit skala internasional di area bandara.

Tujuannya, sirkuit itu kedepannya untuk mendukung keberadaan pariwisata NTB di bidang olah raga. Sehingga wisatawan domestik dan mancanegara menjajal pariwisata NTB. ‘’Jadi andalan pariwisatanya tak hanya alam, budaya dan kuiner. Tapi juga sport tourism,’’ katanya.

Ditambahkan Ketua Pengprov IMI NTB, M Nur Haedin, rencana pembangunan sirkuit berskala internasional itu akan menjadi satu-satunya sirkuit yang berada di area bandara di Indonesia, bahkan di dunia. Karena sampai sekarang ini, belum ada bandara yang memiliki sirkuit di area bandara. Informasi rencana pembangunan itu didukung semua pihak, ketika pihaknya menyampaikan ke tingkat pusat. ‘’Ini sangat didukung sekali, karena mungkin satu-satunya di Indoensia, bahkan di dunia,’’ kata Haedin.

Untuk itu, lanjut Edo panggilan akrab M Nur Haedin, pembangunan ini harus didukung semua pihak. Pihak terkait harus berani menerima tantangan ini, sehingga bisa memadukan pariwisata NTB dengan sport tourism kedepannya. Hal ini mengingat sirkuit skala nasional belum ada di NTB, terutama untuk motor cross. ‘’Kita juga bersyukur dengan bersedianya GM PT Angkasa Pura I LIA ini. Karena tak hanya sirkuit motor cross yang akan dibangun, tapi juga sirkuit drag bike skala nasional,’’ katanya.

Senada juga diungkapkan Dirlantas Polda NTB, Kombespol Budi Indra Irawan, keberadaan sirkuit akan mampu mengasah dan mencetak bakat masyarakat NTB kedepannya. Sebab, selama ini terlalu banyak nyawa yang tercecer sia-sia di jalanan. Semua ini karena mereka tidak tertib berlalu lintas.

Dengan adanya sirkuit itu, setidaknya bisa menjadi tempat masyarakat berkreasi mengembangkan bakatnya. ‘’Kami berharap sirkuit ini bisa dibangun sesegera mungkin,’’ harapnya.

Rencananya, peletakan batu pertama pembangunan sirkuit itu akan dirangkai dengan HUT NTB bulan Desember 2016 mendatang. Dalam sirkuit itu juga hadir sejumlah pembalap handal NTB, baik drag maupun motor cross. (**)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid