Sofia Ayu Rizky, Juara Ajang Modeling Internasional di Thailand

MEMBANGGAKAN : Sofia Ayu Rizki asal Labuhan Haji Lombok Timur, berhasil meraih predikat Miss Teen Rising Star Idol World Junior Internasional di Thailand yang telah digelar 13 Juni 2022.(ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

Banyak anak NTB khususnya Lombok Timur yang mampu mengharumkan nama daerah dan bangsa di level internasional. Salah satu prestasi itu juga ditoreh Sofia Ayu Rizki, dara asal Dusun Loang Tuna Desa Banjar Sari Kecamatan Labuhan Haji Lombok Timur. Ia berhasil meraih predikat Miss Teen Rising Star Idol World Junior Internasional di Thailand yang telah digelar 13 Juni 2022.

SOFIA Ayu Rizki telah banyak mengukir prestasi, terutama di dunia modeling. Terbaru gadis belia yang baru saja selesai mengenyam pendidikan di SMPN 2 Selong ini berhasil keluar sebagai juara dan meraih predikat Miss Teen Rising Star Idol World Junior Internasional di Thailand. Ajang modeling bergengsi dunia untuk usia 20 tahun ke bawah ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara di belahan dunia. Untuk bisa tampil di ajang ini tentunya melalui seleksi yang ketat. Mulai dari tingkat provinsi maupun nasional.

Prestasi yang toreh oleh anak pasangan Supian Ahyadi dan Suharti ini tentunya tidak mudah. Dia harus mempersiapkan dengan matang. Meski minim perhatian yang diberikan oleh pihak terkait terutama yang ada di Lombok Timur, namun itu tak membuatnya patah semangat. Bahkan Sofia, sapaan akrabnya mengaku bangga bisa mengharumkan nama Indonesia. Lebih khusus lagi NTB dan Lombok Timur di ajang tersebut. Selain menjadi terbaik, saya juga bangga di ajang seperti ini. Saya bisa memperkenalkan budaya, fashion dan pariwisata kita di ajang bergengsi seperti ini,” tutur Sofia kepada Radar Lombok, Minggu (19/6).

BACA JUGA :  Mengulas Sejarah Berdirinya Bale Beleq di Desa Wakan

Dalam ajang  ini, tutur dia, ada empat orang dari NTB yang  menjadi perwakilan Indonesia dari beberapa kategori yang dilombakan. Dimana Sofia sendiri dari Lombok Timur, sedangkan tiga lainnya dari Mataram. Sebelum terpilih mengikuti di ajang ini, Sofia terlebih dahulu  mengikuti ajang pemilihan Duta Remaja Pariwisata NTB tahun 2020 lalu. Melalui ajang  ini mereka diuji bagaimana Remaja NTB bisa mempromosikan pariwisata dan budaya NTB ke dunia luar. Ia pun berhasil menyabet juara dua hingga kemudian berlanjut ke tingkat nasional. Baru setelah itu bisa terpilih tampil di modeling tingkat internasional ini. “Yang saya tampilkan di ajang ini budaya Sasak serta kerajinan dan banyak lainnya. Alhamdulillah saya bisa keluar menjadi yang terbaik,” ujarnya.

BACA JUGA :  Mengenal Khairul Mahfuz, Penggiat Pesantren Digital Indonesia

Karenanya, prestasi bertaraf internasional yang diraihnya itu tentunya bukan hanya kebanggan bagi diri dan keluarganya. Melainkan ini juga merupakan suatu kebanggan bagi daerah, terutama Lombok Timur. Kedepan ia berharap adanya perhatian lebih yang diberikan oleh pemerintah daerah ketika ada  putra-putri daerah yang berbakat dan mampu mengukir prestasi di level internasional. “Saya bangga bangat bisa menjadi perwakilan Indonesia. Ke depan ada perhatian lebih  terutama dari Pemkab Lombok Timur,” singkat dia.

 Sementara itu, ibu Sofia, Suharti juga tak bisa menyembunyikan rasa kagum dan bangga karena putrinya itu telah mampu membawa nama Indonesia dan NTB khusunya di ajang kelas dunia seperti ini. Kata dia, sejak kecil Sofia memang telah berbakat di dunia fashioan. Berbagai kejuaraan di ajang seperti ini telah banyak ditoreh oleh putrinya itu. “Sebelumnya di Miss Teen Asia Pacific Princes Indonesia Sofia dapat Run Up 1, dan Run up 1  Miss Teen Photogenic Miss Teen Asia Pacific di Singapura,” timpalnya. (M Gazali-Lombok Timur)