Soal KIM, Gerindra NTB Tunggu Instruksi DPP

Sudirsah Sujanto (AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM — DPD Partai Gerindra NTB masih menunggu arahan resmi dari pihak DPP terkait wacana penggalangan partai politik (Parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pendukung Prabowo-Gibran di Pilpres, untuk juga mendukung dan mengusung Paslon pada kontestasi Pilkada NTB 2024.
Ketua OKK DPD Partai Gerindra NTB, Sudirsah Sujanto mengatakan sejauh ini pihaknya masih menanti instruksi dari DPP, perihal KIM yang akan direncanakan bergabung dalam satu koalisi di Pilkada NTB.

Menurutnya, dinamika politik menuju kontestasi Pilkada NTB relatif masih sangat dinamis, dimana hampir semua Parpol belum ada dukungan final di Pilgub NTB. “Semua masih dinamis, bisa saja berubah dalam hitungan detik sebelum 27 Agustus (pendaftaran ke KPU),” kata Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Provinsi NTB ini, kemarin.

Seperti diketahui, wacana bergabungnya Parpol KIM di pusat, untuk juga mendukung dan mengusung Paslon di Pilgub NTB, dimotori oleh DPW PAN NTB.

Menanggapi itu, Sudirsah menegaskan pihaknya selaku pengurus dan kader Gerindra di daerah, akan tegak lurus dengan apapun yang menjadi keputusan final DPP Partai Gerindra. “Keputusannya di pusat kalau KIM ini. Maka kami kader di bawah sebagai pengurus di provinsi senantiasa mengawal keputusan KIM di pusat, seperti apa nantinya,” tegasnya.

Menurutnya, jika melihat potensi arah dukungan Parpol pada kontestasi Pilgub NTB, maka kemungkinan arah dukungan Parpol akan mengarah cukup kuat kepada tiga pasangan calon (Paslon). Meski sejauh ini sudah ada empat Paslon yang telah masif sosialisasi ke publik. “Dinamika politik terus berjalan, bisa saja nanti akan mengerucut menjadi dua poros koalisi,” duganya.

Namun demikian, dia mengatakan Partai Gerindra tidak mempersoalkan mau terbentuk tiga atau dua poros koalisi untuk usung Paslon di Pilgub NTB. Pasalnya, keputusan final arah dukungan ada di DPP Partai Gerindra. “Bola sekarang ada di DPP. Kami tegak lurus satu komando menunggu arahan DPP,” tandasnya.

Ketika disinggung siapa calon gubernur (Cagub) yang akan didukung dan diusung Partai Gerindra di Pilgub NTB? kembali dia mengatakan sejauh ini pihaknya masih menunggu keputusan DPP Partai Gerindra. “Tentu kita harapkan masyarakat NTB bersabar menunggu keputusan partai,” imbuhnya.

Ditegaskan, siapapun nanti yang diputuskan DPP Gerindara, pihaknya di daerah akan mengawal dan melaksanakan keputusan tersebut. “Kalau berbicara KIM, disitu ada Gerindra sebagai promotor di pusat,” lugasnya. (yan)

Komentar Anda