SMPN 7 Mataram Jadi Sekolah Mutu di NTB

SMPN 7 Mataram Jadi Sekolah Mutu di NTB
SEKOLAH MUTU : Kepala SMPN 7 Mataram H Muhamad Sibawaih bersama Kepala LPMP NTB Dr Mohammad Mustari saat kunjungan ke sekolah.( ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)
Advertisement

MATARAM – Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menujuk SMPN 7 Mataram menjadi Sekolah Mutu. Penunjukan SMPN 7 Mataram sesuai dengan keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama nomor 1450/D3/KP/2019.

Kepala SMPN 7 Mataram H Muhamad Sibawaih mengaku bersyukur sekolahnya dipercaya menjadi Sekolah Mutu. Sudah 4 tahun SMPN 7 Mataram menjadi sekolah model dan sejak surat keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama nomor 1450/D3/KP/2019, SMPN 7 Mataram menjadi Sekolah Mutu.

“Hanya SMPN 7 Mataram menjadi satu-satunya di Kota Matram ditunjuk menjadi Sekolah Mutu,” kata Kepala SMPN 7 Mataram H Muhamad Sibawaih kepada Radar Lombok, Jumat (4/10).

Sibawaih mengatakan, SMPN 7 Mataram dipilih menjadi Sekolah Mutu, karena 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) sudah bisa terpenuhi. Adapun 8 SNP yang sudah dijalankan SMPN 7 Mataram, yakni, Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses Pendidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, Standar Penilaian Pendidikan dan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

“Alhamdulillah 8 SNP SMPN 7 Mataram dianggap sudah terpenuhi, sehingga menjadi Sekolah Mutu,” katanya.

Bukan hanya itu, karena kerja sama dan kegigihan semua pihak di SMPN 7 Mataram, baik dari siswa hingga guru dan pegawai, praktis sekolahnya berhasil memenuhi 8 kriteria yang menjadi SNP. Kendati sudah terpenuhi 8 SNP tersebut, Sibawaih menyadari jika masih ada yang harus diperbaiki. Tujuannya agar perjalanan Sekolah Mutu yang dijalankan bisa terlaksana dengan maksimal.

“Kami tetap akan memperbaikinya, selama masih ada yang kurang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) NTB Dr Mohammad Mustari menyampaikan selamat kepada keluarga besar SMPN 7 Mataram saat ini menjadi sekolah Mutu satu-satunya di Kota Mataram. Dengan demikian, SMPN 7 Mataram sudah menjadi binaan dari Direktorat Dikdasmen Kemendikbud dari sebelumnya binaan sekolah model LPMP NTB.

Setelah menjadi Sekolah Mutu, maka SMPN 7 Mataram akan semakin besar tanggungjawabnya. Sebab ini juga ada pengimbasan supaya sekolah lainnya untuk berlomba-lomba untuk memehuhi 8 SNP.

“Kita ingin SMPN 7 Mataram terus berpacu dalam prestasi,” harapnya. (adi)