SMPN 7 Mataram Canangkan Jumlah Siswa Ideal

SISWA IDEAL: SMPN 7 Mataram canangkan akan terima siswa ideal tahun ajaran ini (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran ini, SMPN 7 Mataram mencangkan akan menerima siswa dalam jumlah ideal.

Kepala SMPN 7 Mataram, H. Muhammad Sibawaih mengatakan, sekolah yang dipimpinnya merupakan salah satu sekolah dengan jumlah siswa terbanyak. Setiak kali penerimaan siswa baru, sekolah ini tidak pernah kuran menerima pendaftar dari 500 orang lebih.

“Tapi untuk tahun ini kita akan terima sekitar 300 siswa saja,” jelasnya, Selasa (6/6).

Pengurangan jumlah siswa, ungkapnya, sesuai berdasarkan permintaan Data Pokok Kependidikan (Dapodik) dari pusat. Karena itu, jumlah siswa tahun yang diterima akan menurun drastis.

Diterimanya siswa dalam jumlah ideal, terangnya, karena sekolah ini telah menerapkan Kurikulum 2013 (K13). Karena itu, jumlah siswa per kelas tahun ini ditaksir hanya 32 orang.

Selain jumlah ideal siswa per kelas, pihaknya juga akan memberlakukan jumlah rombongan belajar (rombel) ideal. Katanya, rombel ideal yang berlaku sesuai tuntunan K13 yakni 11 rombel.

Meski sudah mencanangkan jumlah ideal, pihaknya mengaku masih mempertimbangkan kebijakan ini terutama bagi guru honor. Di lain sisi, pihaknya juga akan mempertimbangkan lingkungan sekitarnya.

Sementara itu, Waka Humas SMPN 7 Mataram, H. Ahmad Saihu mengatakan, perubahan di dunia pendidikan terus berjalan seiring berjalannya waktu. Seperti yang terjadi pada beberapa peraturan yang baru ini. Mulai dari pengurangan jumlah rombel dan pengurangan siswa per kelas.

Disebutnya, peraturan yang muncul dari pusat memang sebelumnya telah dilakukan penelitian. Namun penelitian itu sepertinya masih dilakukan di tempat tertentu, tidak dilakukan di sekolah yang seperti SMPN 7 Mataram ini.

“Pihak pusat memang lakukan percobaan dan penelitian, namun harus juga melihat sekolah yang lain yang gedungnya besar-besar,” tutupnya. (cr-rie)

BACA JUGA :  Gaji Honorer SMA/SMK Diyakini Aman