SMPN 6 Mataram Tolak Ratusan Pendaftar Jalur Prestasi dan Afirmasi

DAFTAR ULANG : Sejumlah wali calon siswa baru melakukan daftar ulang yang diterima melalui jalur prestasi maupun afirmasi di SMPN 6 Mataram. (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi dan afirmasi jenjang SMP negeri tahun pelajaran 2022/2023 sudah selesai. Di SMPN 6 Mataram, untuk jalur PPDB, seperti prestasi dan afirmasi kuotanya terpenuhi, bahkan ada ratusan pendaftar ditolak.

“Alhamdulillah, semua kuota jalur prestasi maupun afirmasi sudah terpenuhi. Bahkan ada ratusan tidak tolak,” ungkap Kepala SMPN 6 Mataram H Muhammad Sibawaih kepada Radar Lombok, kemarin.

Dikatakan Sibawaih, jalur prestasi akamemik dan non akademik maupun keagamaan yang mendaftar sebanyak 250 calon siswa baru dan diterima hanya 93 calon siswa. Sementara jalur afirmasi yang mendaftar sebanyak 95 calon siswa baru dan yang diterima 46 orang.

“Proses daftar ulang sudah selesai. Tinggal besok jalur perpindahan orang tua dan zonasi untuk mendaftar, terangnya.

Menurutnya, antusias masyarakat untuk masuk di SMPN 6 Mataram cukup banyak. Kendati demikian, pihaknya mengingatkan kepada orang tua wali di jalur afirmasi misalnya, menyarankan orang tua wali untuk mendaftar di beberapa sekolah yang kurang. Sebab SMPN 6 Mataram sendiri irisannya dengan SMPN 2 Mataram, SMPN 1 Mataram dan SMPN 15 Mataram.

 Alhamdulillah, kemarin kita saling memasuki dari sisi zona, terangnya.

 Untuk diketahui, jadwal pendaftaran calon peserta didik baru jalur prestasi dan afirmasi pada 20-22 Juni. Jalur perpindahan tugas orang tua/wali pada 27-29 Juni, dan jalur zonasi 27- 29. Pada PPDB tahun ajaran 2022/2023 ini SMPN 6 Mataram menerima 308 siswa baru dari empat jalur, yakni jalur prestasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan dan jalur zonasi. Di mana SMPN 6 Mataram pada tahun ini menyiapkan 11 kelas atau rombongan belajar (Rombel).

Baca Juga :  Unram Pecat Oknum Mahasiswa Pengibar Bendera OPM

Jalur prestasi paling banyak 30 persen dari daya tampung sekolah, prestasi yang diterima adalah prestasi akademik dari nilai rapor, prestasi tahfiz Alquran, dan prestasi dari piagam atau sertifikat lomba atau non akademik. Jalur afirmasi paling sedikit 15 persen dari daya tampung sekolah.  Jalur afirmasi diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dibuktikan dengan bukti keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah. Calon siswa juga harus berada di zonasi sekolah.

Baca Juga :  100 Mahasiswa STP Mataram akan Magang di Anjum Hotel Makkah

Ketua Panitia PPDB Kota Mataram Hj Sabariah mengatakan, proses pelaksanaan PPDB di jalur prestasi maupun afirmasi berjalan lancar. PPDB pada SMP menggunakan sistem dalam jaringan atau online dengan mekanisme calon peserta didik melakukan pendaftaran, proses seleksi hingga pengumuman hasil melalui sistem yang dapat diakses setiap waktu melalui online.

“Proses PPDB berlangsung dengan juknis yang sudah ditetapkan,” ucapnya. (adi)