SMPN 4 Gerung Programkan Kelas Digital

Rohanah (ZUL/RADARLOMBOK)

GIRI MENANG–SMPN 4 Gerung mulai memprogramkan kelas digital. Ini dilakukan untuk mulai membiasakan siswa belajar secara digital di tengah era teknologi. Terlebih Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI memprogramkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Kita sudah mulai programkan kelas digital. Untuk tahap awal, kita lakukan di dua kelas, yaitu Kelas IX A dan IX B,” ujar Kepala SMPN 4 Gerung, Rohanah, Jumat (11/11).

Kata Rohanah, belum ada SMP di Lobar yang menerapkan UNBK. Rencananya pada 2017, SMPN 4 Gerung akan mengawali hal itu. Dengan adanya program kelas digital ini, maka diharapkan siswa juga akan terbiasa menjawab soal secara online di depan komputer. “Kebetulan secara keseluruhan kita sudah punya 50 unit komputer. Itu yang dipergunakan anak-anak. Sejauh ini hasilnya sangat bagus,” ujarnya.

Akan tetapi pada tahap awal ini pula lanjutnya, kelas digital ini masih diperuntukkan untuk mata pelajaran matematika saja. Begitu ada kelas matematika, siswa terkait langsung menuju laboratorium komputer untuk belajar sekaligus mengerjakan soal-soal matematika secara online.

“Kalau anak-anak sudah terbiasa, kita yakin mereka tidak akan kaget nanti kalau mengikuti UNBK. Untuk sekarang ini baru dua kelas, tapi selanjutnya untuk try out, tentunya nanti seluruh kelas IX kita ikutkan,” jelasnya.

Sejauh ini lanjut Rohanah para siswa menerima dengan baik program kelas digital, bahkan antusias, dikarenakan bisa langsung pula mengetahui apakah soal yang mereka kerjakan salah atau benar. “Anak-anak sangat antusias mengikuti kelas digital ini, perkembangannya juga bagus,” tandasnya. (zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid