SMPN 2 Mataram Wakil NTB Lomba Museum Tingkat Nasional

Juara Pertama Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Provinsi NTB

JUARA: Kepala Museum NTB, Bunyamin, M.Hum, menyerahkan piagam penghargaan, piala, dan uang pembinaan kepada juara pertama lomba Cerdas Cermat Museum tingkat Provinsi NTB, tim pelajar SMPN 2 Mataram, Kamis (4/8).

MATARAM—Setelah berlomba cukup ketat, melawan dua grup pelajar yang merupakan pemenang 1 dan 2 zona pulau Sumbawa, yakni Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Bima dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Bolo, serta runer up pemenang zona pulau Lombok, SMPN 1 Batu Layar. Akhirnya grup pelajar SMPN 2 Mataram, berhasil keluar sebagai juara pertama Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Provinsi NTB, Kamis (4/8).

“Dengan demikian, maka grup pelajar SMPN 2 Mataram yang berhak untuk mewakili Provinsi NTB, dalam ajang Lomba Cerdas Cermat Museum 2022, yang akan dilaksanakan Museum Nasional Indonesia, pada 5 – 12 September 2022 mendatang,” kata Kepala Museum Negeri NTB, Bunyamin, M.Hum, kemarin.

Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Provinsi NTB, berlangsung di Aula Museum Negeri NTB, dengan para Dewan Juri berasal dari Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) NTB, dan juga Museum NTB. Tercatat grup pelajar SMPN 2 Mataram keluar sebagai juara pertama, dengan mengantongi nilai sebanyak 1.400 poin, disusul juara dua SMPN 1 Batu Layar dengan nilai 1.150 poin, juara tiga SMPN 1 Bolo dengan 1.000 poin dan juara harapan 1 yakni MTsN 1 Kota Bima dengan nilai 450 poin.

Kepada para pemenang Lomba Cerdas Cermat Museum tingkat Provinsi NTB, selain mendapatkan hadiah berupa piala dan piagam penghargaan. Masing-masing pemenang juga berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan, dimana untuk juara pertama sebesar Rp 5 juta, juara dua Rp 4 juta, juara tiga Rp 3 juta, dan juara harapan satu Rp 2 juta.

Baca Juga :  Museum NTB Bedah Naskah Lontar Kuno “Labangkara”
CERDAS CERMAT: Kepala Museum NTB, Bunyamin, M.Hum, dan dewan juri, foto bersama para peserta Lomba Cerdas Cermat Museum tingkat Provinsi NTB, usai penyerahan hadiah kepada para pemenang, Kamis (4/8).

Menurut Bunyamin, dengan telah didapatkan juara tingkat provinsi, maka langkah selanjutnya yaitu bagaimana mempersiapkan tim pemenang, yakni grup pelajar SMPN 2 Mataram, agar bersiap untuk menghadapi even serupa di tingkat Nasional.

“Waktu sebulan ke depan ini, kami akan intens berkoordinasi dengan pihak SMPN 2 Mataram, dalam hal ini mungkin guru pembimbingnya, untuk bagaimana mempersiapkan para siswa agar siap ketika berlomba nanti. Untuk itu, kami akan berikan modul-modul atau materi pelajaran apa saja yang sekiranya bakal keluar ketika lomba di tingkat nasional nanti,” jelas Bunyamin.

Biasanya, sambung Bunyamin, materi-materi soal yang keluar dalam Lomba Cerdas Cermat Museum tingkat Nasional, yaitu tentang sejarah Indonesia, keanekaragaman kebudayaan Indonesia, peraturan atau regulasi pemerintah seperti undang-undang 11 tahun 2010 tentang cagar budaya, peraturan pemerintah nomor 66 tahun 2011 tentang museum, undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan, dan terutama tentang permuseuman.

“Kalau dihitung dari persentase soal dalam lomba Cerdas Cermat Museum tingkat Nasional. Biasanya untuk materi pertanyaan tentang permuseuman sebesar 40 persen, kemudian sejarah Indonesia 30 persen, dan tentang kebudayaan Indonesia 30 persen,” terang Bunyamin.

Baca Juga :  Pelajar dan Mahasiswa Antusias Kunjungi Pameran Museum Keliling

Disampaikan lebih lanjut, informasi yang didapatkan pihak Museum NTB dari panitia penyelenggara, yaitu Museum Nasional Indonesia. Untuk Lomba Cerdas Cermat Museum 2022 Tingkat Nasional akan berlangsung secara Daring (dalam jaringan) atau online.

“Karenanya, koordinasi juga akan kita lakukan dengan pihak SMPN 2 Mataram. Kita akan tawarkan apakah lokasi lomba nanti akan menggunakan ruang di Museum Negeri NTB, atau di sekolah (SMPN 2 Mataram), demi kenyamanan pelajar tentunya. Kalau misal mereka mau di sekolah (SMPN 2 Mataram), ya nanti kami tinggal kirim orang (Museum NTB) ke sekolah sebagai pendamping,” papar Bunyamin.

Dikatakan Bunyamin, keiukutsertaan Provinsi NTB dalam ajang Lomba Cerdas Cermat Museum tingkat Nasional ini sudah ke delapan kali, sejak pertama digelar Museum Nasional Indonesia tahun 2015 lalu.

“Bahkan tahun 2015, ketika mengikuti lomba cerdas museum tingkat nasional, Provinsi NTB yang saat itu diwakili oleh pelajar dari SMPN 1 Sumbawa, berhasil keluar sebagai juara harapan 1. Semoga tahun 2022 ini, wakil kita SMPN 2 Mataram juga berhasil memperoleh juara,” harap Bunyamin. (gt)