SMPN 2 Masbagik Wakili NTB ke Tingkat Nasional

SELONG–SMPN 2 Masbagik merupakan satu-satunya sekolah di Lombok Timur (Lotim) yang dinyatakan terbaik dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sekolah tersebut terpilih mewakili NTB  dalam lomba tata kelola dana BOS tingkat nasional oleh Kementerian Pendidikan.

Lomba akan berlangsung dari tanggal 12 sampai 15 Agustus mendatang. Pelaksanaanya akan diikuti 117 SMP negeri dan swasta dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Untuk NTB sendiri, sebanyak tiga sekolah yang mewakili. Diantaranya satu SMP  dari Sumbawa, SMP di Lombok Barat dan SMPN 2 Masbagik.

Kepala SMPN 2 Masbagik, I Made Ranget SPd mengatakan, terpilihnya sekolah yang dipimpinnya ini terlebih dahulu melalui proses seleksi di tingkat provinsi. Saat itu, sebanyak 20 SMP negeri dan swasta di NTB mengikuti seleksi tersebut. Sementara SMPN 2  Masabagik saat itu ditunjuk mewakili Lotim.  Tanpa diduga, akhirnya dari 20 sekolah yang mengikuti seleksi, SMPN 2 Masbagik berhasil keluar sebagai juara kedua.

Dengan hanya duduk di peringkat kedua, jelasnya, secara otomatis, sekolah ini dinyatakan lolos mengIkuti untuk mengikuti  lomba serupa di tingkat nasional. ‘’Sekolah kita dinyatakan layak tampil mewakili NTB di tingkat nasional untuk lomba tata kelola dana BOS ini. Sebanyak tiga sekolah yang mewakili NTB,” ungkapnya.

Proses pelaksanaan lomba ini, setiap sekolah nantinya akan diminta untuk melakukan presentasi materi terkait dengan penggunaan  dana BOS yang mereka dapat. Presentasi materi itu  menyangkut, perencanaan, pengelolaan, sistem penggunaan dana BOS, pelaporan, dampak dan evaluasi.

‘’Penilainnya, apakah penggunaan dana BOS efektif dan transparan,” sebut Ranget yang sudah dua priode menjabat sebagai Kasek di sekolah itu.

Dari ratusan sekolah yang ikut dalam Lomba ini, untuk juara satu ditentukan sebanyak tiga sekolah, juara dua,  lima sekolah dan juara tiga,  tujuh sekolah. Sekolah yang keluar sebagai juara, nantinya akan mendapat kesempatan untuk bertemu langsung dengan presiden.

Dikatakan, keberhasilan SMPN 2 Masbagik dalam pengelolaan dana BOS ini berpegang pada empat prinsip yaitu, efektif, efesien, akuntabel, dan transparan. Prinsip inilah yang selalu dipegang pihak sekolah sehingga keberadaan dana BOS di sekolah ini sepenuhnya  dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya.

‘’ Kita selalu transparan dalam pengelolaan dana BOS. Semua informasi terkait ini,” (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid