SMPN 1 Sakbar Mendongeng

MENDONGENG: Salah seorang guru SMPN 1 sakbar sedang mendongeng di depan siswanya (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG—Ada-ada saja yang dilakukan oleh SMPN 1 Sakra Barat, Lombok Timur (Lotim) untuk menambah semangat para siswanya menimba ilmu. Salah satunya dengan cara membaca dongeng.

Kepala SMPN 1 Sakra Barat, Mashudi menjelaskan, kegiatan membaca dongeng dimulai sejak tanggal 18-24 Oktober mendatang. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka melesteraikan nilai-nilai budaya bangsa yang terdapat dalam cerita.

“Jika kita melihat kondidi sekarang, masyarakat sangat jarang mendongeng dan berpantun. Padahal, di dalam dongeng sangat banyak nilai-nilai yang bisa diambil,” jelasnya, Jumat (21/10).

Usai kegiatan ini, lanjutnya, dipastikan akan dilanjutkan dengan kegiatan lain yang tak kalah menarik, yakni Gemar Membaca Alqur’an (GMA). “Jadi di pekan mendongeng ini tidak hanya siswa saja yang kita libatkan, semua guru juga wajib ikut mendongeng di depan semua siswanya,” ungkapnya.

Mashudi menegaskan, dengan adanya kegiatan mendongeng, siswa diharapkan bisa menjadi lebih memahami makna kehidupan yang terdapat di dalam dongeng. Di lain sisi, siswa dapat membandingkannya dengan kehidupan sehari-hari.

Dikatakan, mendongeng merupkan salah satu cara untuk mencegah atau mengantsipasi euforia anak-anak terhadap teknologi dalam konotasi negatif. Lewat mendongeng, paling tidak anak-anak akan mengetahui jati diri dan identitas bangsanya sendiri. (cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid