SMPN 1 Sakbar Jalankan Progran Jumat Berlian

PEDULI: Siswa bergotong rotong membersihkan lingkungan sekolahnya. Program Jumat Berlian sudah diluncurkan sekolah ini sejak 2015 lalu (Janwari Irwan/ Radar Lombok)

SELONG– Sekolah  Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sakra Barat Lombok Timur menerapkan program yang disebut dengan Jumat Berlian (Bersih Lingkungan Anda).

Kepala  SMPN 1 Sakra Barat Masyhudi menjelaskan program Jumat Berlian untuk menjaga  kebersihan   lingkungan  sekolah.Setiap hari Jumat mulai pukul 07.00 Wita  hingga 8.10 Wita siswa  membersihkan lingkungan sekolah dan sekitarnya.”Setelah adanya Jumat Berlian ini sekarang siswa kita sudah sadar dengan pentingnya kebersihan, jadi setiap melihat sampah para siswa mengangkatnya,”jelasnya Jumat kemarin (7/10).

Selain di lingkungan sekolah,  siswa  juga membersihkan  tempat tempat umum   di Kecamatan Sakra Barat seperti kantor camat, puskesmas, unit dikpora, kantor desa dan sejumlah kantor lainnya yang dibantu dengan pegawai dari instansi terkait. “Jadi bukan siswa saja yang membersihkan kantor kantor itu, semua pegawai juga antusias ikut membersihkan kantornya,”ungkapnya.

Program ini sudah mulai digulirkan tahun 2015 lalu. Agar siswa termotivasi, pihaknya memberikan hadiah uang tunai kepada  siswa yang paling rajin.”Kadi kita beri dia hadiah dari dana BOS kepada siswa dan siswi yang paling rajin membersihkan lingkungan,”ujarnya.(cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid