SMPN 1 Praya Luncurkan Program KIS

Jpeg

PRAYA—Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Praya Lombok Tengah (Loteng) dijadikan sebagai sekolah pertama yang menerapkan program Keluraga Inspirasi Sekolah (KIS).  Peluncuran KIS di sekolah ini merupakan kali pertama di NTB.

Kepala SMPN 1Praya, Majri MPd mengatakan, terpilihnya sekolah yang ia pimpin sebagai sekolah pertama yang meluncurkan KIS oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pendidikan Anak Usia Dini dan Masyarakat (Kemendigbud Paudikmas). Peluncuran ini merupakan suatu kepercayaan yang patut dibanggakan.

“Kami sangat bersyukur dengan penunjukkan oleh Kemendigbud Paudikmas ini. Kepercayaan ini akan kami jadikan motivasi untuk terus berpacu,” katanya, Rabu (20/7).

Diakuinya, selama ini setiap ada program ataupun kegiatan, selalu melibatkan wali siswa dan disebarkan melalui media sosial (medsos). Sebut saja saat pengambilan raport, pengambilan hasil try out dan yang lainnya, pihak sekolah selalu melibatkan peran wali siswa.

Sehingga bisa jadi dengan beberapa peran yang melibatkan wali siswa disetiap kegiatan sekolah, membuat para pemerhati pendidikan melirik keberadaan SMPN 1 Praya Loteng. Langkah ini sengaja dilakukan guna mengukur sejauh mana tanggung jawab dan perhatian wali siswa kepada anak mereka. Sebab keterbatasan pengawasan di sekolah, peran serta dari orang tua sangat membantu.

BACA JUGA :  PDAM Siap Sukseskan Program 10 Juta Sambungan

Sementara itu, Harianto selaku kepala seksi balai pengembangan program PAUD dan Masayarakat NTB mengatakan, hasil analisa sementara ini, hanya SMPN 1 Praya yang memiliki kepedulian besar dan mampu mengajak wali siswa untuk ikut berpartisipasi dalam pendidikan. Sebab melalui Midsos, apa yang dilakukan oleh SMPN 1 Praya sudah terdeteksi.

Dan ini artinya, peran serta dalam membangun karakter siswa, sangat mengedepankan bantuan kepada wali siswa. Lebih lebihnya lagi, waktu anak lebih banyak di luar sekolah. Sehingga, peran mereka sangat membantu pendidikan yang diberikan oleh gur di sekolah.(cr-ap)