SMPN 1 Praya, Lakukan Tes Seleksi Siswa Baru

PRAYA- Kepala SMPN 1 Praya, Lombok Tengah (Loteng), Majri MPd mengatakan, Kamis  (30/6) lalu, merupakan hari pertama pihaknya menggelar tes seleksi calon siswa baru, tahun pelajaran 2016 2017. Dimana dalam tes tersebut, ada beberapa jenis tes yang sudah disiapkan oleh panitia, salah satunya Tes Kemampuan Akademik (TPA).

Seperti, pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA. Selanjutnya bisa membaca Alqur’an dengan baik dan benar, lulus tes wawancara termasuk nilai ujian nasional, nilai rapor, dan nilai prestasi dan yang lainnya. Dari hasil tes ini akan sangat menentukan apakah siswa tersebut bisa diterima atau tidak.

“Kami dari panitia telah menentukan jenis tes yang harus diikuti oleh siswa. Bagi siswa yang dinyatakan lulus, maka ia berhak sebagai siswa kami,” sebutnya, Kamis (30/6).

Penjaringan melalu tes ini lanjutnya, terpaksa diterapkan mengingat jumlah siswa yang datang mendaftar cukup banyak. Praktis,  tidak mencukupi daya tampung dan dilakukanlah tes seleksi.

BACA JUGA :  SMAN 4 Mataram Pupuk Semangat Wiraswasta Siswa

Tes seleksi, jelasnya, penting dilakukan guna menjaring siswa yang berkompeten. Sebab hasil akhir dari tes ini tentunya akan terlihat mana saja siswa yang memiliki kompetensi, baik dalam bidang akademik ataupun non akademik.

Dari hasil tes tersebut, Insya Allah akan diumumkan pada tanggal 2 Juli mendatang. Siswa yang sudah dinyatakan lulus pada tes seleksi dan meraih nilai yang sudah ditentukan, kemudian pendaftaran ulang pada 2 hingga 4 Juli.

Ditanya tentang, dalam penerimaan ini rentan ada titipan pejabat, Majri menyebutkan, pihaknya tidak mempungkiri ada sejumlah pejabat dan keluarga yang sudah menghubunginya.  Namun pihaknya tetap memberikan jawaban, kalau ada mekanisme yang harus dilakukan atau diikuti oleh siswa, jika siswa tersebut sudah memenuhi kriteria tersebut, maka tetap dia akan menjadi siswa.  (cr- ap)