SMKN 2 Mataram Gelar Ujicoba Kompetensi Keahlian

UJI KOMPETENSI: Suasana siswa SMKN 2 Mataram Jurusan Pemasaran mengikuti uji kompetensi display barang secara mandiri. (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Ujicoba mata pelajaran (Mapel) yang masuk dalam daftar Ujian Nasional (UN) sudah dilaksanakan secara mandiri dengan cara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun ujicoba kompetensi sesuau paket keahlian siswa juga perlu diujikan.

“Ujicoba paket keahlian siswa ini sedang berjalan selama 3 hari. Ujicoba ini kita laksanakan dengan mandiri,” kata Kepala SMKN 2 Mataram, H. Hudri Achmad, JUmat (17/2).

[postingan number=3 tag=”pendidikan”]

Di sekolah ini, ujicoba secara mandiri maupun langsung dari pemerintah sudah dijalankan. Uji kompetensi yang dilaksanakan ini diperuntukkan sesuai paket keahlian atau jurusan siswa.

Katanya, dari 5 jurusan yang ada, semua siswa kelas XII melakukan uji kompetensi. Dilaksanakannya kegiatan ini  agar kemampuan siswa di bidangnya masing-masing dapat teruji.

Sementara itu, Ketua Jurusan Pemasaran SMKN 2 Mataram, Erli Sumawati mengatakan, dalam sesi praktik yang berlangsung, siswa harus menguasai jurusan masing-masing. Ini dilakukan agar jaminan praktikum selepas bersekolah bisa dipertanggungjawabkan.

Seperti halnya pada bidang keahlian pemasaran, semua teori dan praktiknya harus dikuasai dengan maksimal. Seperti penguasaan display barang dan price labeling. (cr-rie)

BACA JUGA :  Termakan Usia, SDN 4 Batu Nampar Ambruk