SMKN 1 Lembar Jadi Rujukan Kemaritiman Nasional

GIRI MENANG – SMKN 1 Lembar Kecamatan Lembar ditetapkan sebagai sekolah rujukan kemaritiman tingkat nasional oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Sekolah ini ditetapkan bersama 20 sekolah lain di Indonesia. Pusat pun memberikan dana Rp 5 miliar untuk pengembangan sarana prasarana sekolah. “ SMK 1 Lembar menjadi sekolah rujukan kemaritiman. SMK 1 Lembar satu diantara 20 sekolah rujukan kemaritiman di Indonesia,” ungkap Kepala SMKN 1 Lembar, Ruslan, didampingi Waka Humas, Tasman, dan Waka Sarana Prasrana, Slamet kemarin.

Salah satu cara meningkatkan sarana prasarana sekolah, pihak setempat melobi pusat. Hasilnya, sekolah ini memperolah Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui Pemkab Lombok Barat berupa bantuan satu lokal praktek siswa, perpustakaan, satu unit kapal latih dan alat navigasi. Selain itu sekolah ini juga memperoleh bantuan sarana olahraga, sarana UKS, alat peraga reproduksi dan seksual.

Akhirnya pusat memberikan  bantuan Rp 5 miliar. Pusat bahkan menetapkan sekolah tersebut sebagai rujukan kemaritiman. SMK ini ditunjuk padahal dari sisi persyaratan tidak memenuhi posisi jumlah siswa paling tidak seribu orang.  Jumlah siswa disini hanya 175 orang. “ Kenapa bisa karena kami presentasi langsung di depan Subdit bahwa kami mau berkembang,” tambah Kasek.

Sekolah menjelaskan ke pusat bahwa sekolah ini belum diminati karena fasilitasnya belum memadai. Setelah itu pusat memberikan program. Imbas penetapan sekolah ini menjadi sekolah kemaritiman, dari sisi penyediaan sarana prasarana menjadi lengkap. “ Kami tengah membangun. Jangka waktunya mulai November 2015 sampai Oktober 2016,” pungkasnya.(flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid