SMKN 1 Kuripan Diserbu Calon Siswa

GIRI MENANG—Hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMKN 1 Kuripan, Lombok Barat, langsung diserbu calon siswa, Senin (27/6). Sedikitnya ada sekitar 400 calon siswa yang mendaftar dan langsung mengikuti tes seleksi.

“Ini baru pertama kalinya terjadi seperti ini. Tingkat peminat sekolah kami dari tahun ke tahun kian meningkat,” kata Kepala SMKN 1 Kuripan, H Makbullah kemarin, Senin (27/6).

Tahun tahun sebelumnya, ungkapnya, di sekolah ini jumlah pendaftar calon siswa sangat jauh dari harapan. Dalam tempo sebulan penerimaan calon siswa saja, sekolah ini beruntung bisa mendapat 100 siswa.

Dikatakan, meningkatnya jumlah peminat di sekolah ini tidak lepas dari inovasi yang digalakan pihak sekolah. Tidak sedikit inovasi yang dibuat pihak sekolah, termasuk dengan merenovasi perwajahan sekolah yang terkesan sudah tua.

Untuk tahun ini, sambungnya, SMKN 1 Kuripan menerima sebanyak 13 rombongan belajar (Rombel). Masing-masing rombel akan diisi maksimal sebanyak 36 siswa.

Dari 13 Rombel yang tersedia, jelasnya, pihaknya akan menerima sekitar 468 siswa. Dipastikan sekolah ini tidak akan menerapkan kelas gemuk yang berdampak pada tidak efisiennya proses belajar mengajar.

Pihaknya menyebutkan, pendaftaran akan berlangsung hingga tanggal 2 Juli mendatang. Sementara hasil tes seleksi akan diumumkan pada tanggal 12 Juli.

Dalam seleksi kemarin, calon siswa diberikan soal tes potensi akademik berupa mata pelajaran matematika, bahasa Inggris, bahasa Inodesia dan yang lainnya. Dipastikan dari ratusan siswa yang mendaftar akan diambil sesuai peringkat nilai tes seleksi.

Pantauan Radar Lombok, dari beberapa jurusan yang tersedia di sekolah ini, jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) paling banyak diminati. Pihaknya yakin, dalam beberapa hari kedepan, jumlah pendaftar akan terus meningkat dan melampaui target yang dipatok. (flo)

BACA JUGA :  Numpang Ujian, Bisa Ganggu Psikologis Siswa