SMAN 7 Mataram Jadi Percontohan Sekolah Berkarakter

KARAKTER: Siswa SMAN 7 Mataram diberikan pembinaan karakter dan pelatihan kedispilinan (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM—SMAN 7 Mataram kini didapuk sebagai percontohan  sekolah berkarakter. Lantaran itu, sekolah ini fokus melakukan peningkatan dari segala sisi. Terutama pada pembinaan yaitu pembentukan karakter.

“Alhamdulillah, sekolah kami telah ditunjuk sebagai sekolah berkarter,” kata Kepala SMAN 7 Mataram, Drs. HM Muzakki , Rabu kemarin (18/1).

Menurutnya, pencapaian prestasi yang sudah diraih ini tidak lepas dari karakter siswa. Karakter siswa disebutnya cukup membantu perkembangan prestasi di sekolah itu.

Secara umum pestasi yang sudah berhasil dicapai di sekolah ini, jelasnya, mulai dari tingkat kabupaten kota, provinsi hingga nasional. Bahkan, sekolah ini juga dikenal memiliki nuansa keagamaan.

[postingan number=3 tag=”pendidikan”]

“Kami tidak ingin anak-anak tidak hanya cerdas secara akademik saja, tapi juga cerdas secara spiritual,” ujarnya.

Katanya, di sekolah ini sangat dikenal dengan sekolah yang menerapkan sistem manajemen roah (kebersamaan) terbaik. Manajemen roah adalah manajemen yang lebih mengarah pada sistem kebersamaan.

Dicontohkannya, apabila terjadi satu persoalan, maka tidak serta merta langsung mengambil keputusan. Melainkan, harus melalui musyawarah mufakat.

Sedangkan untuk masalah spiritual siswa, khusus siswa beragama muslim diwajibkan setiap hari membaca Alqur’an bersama. Kemudian bagi siswa yang non muslim melakukan hal serupa, namun di tempat khusus yang sudah dipersiapkan. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid