SMAN 4 Mataram Tambah 2 Kelas untuk Zona Terdekat

SISWA: Ratusan siswa resmi diterima SMAN 4 Mataram, termasuk yang dua kelas tambahan dan sedang menjalani MOPD hari kedua (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Sesaui kapasitas daya tampung di SMAN 4 Mataram hanya menyiapkan 8 Rombel dengan 32 siswa per kelas. Namun karena banyaknya masyarakat terdekat yang menuntut agar anaknya bisa masuk di sekolah tersebut, pihak sekolah menambahkan dua kelas lagi.

“Kami tambah dua kelas untuk anak anak dari masyarakat terdekat kita,” kata Kepala SMAN 4 Mataram, Hj. Suprapti, Selasa (18/7).

Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dijalaninya belum lama ini memang tidak ada hambatan apapun. Hanya saja di dalam prosesnya muncul berbagai peraturan membuat pihaknya harus benar-benar menyeleksi siswa.

Meskipun pihaknya tetap memprioritaskan zona terdekat, tapi jika nilainya tidak mencukupi, pihaknya harus menggeser siswa bersangkutan ke urutan terbawah dan bahkan tidak diterima.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB SMAN 4 Mataram, Muhamad Zamroni mengatakan, jumlah 8 Rombel sebenarnya sudah sangat ideal untuk ukuran SMAN 4 Mataram. Namun karena adanya genjotan dari masyarakat, dimana agar anak anaknya juga bisa merasakan bangku pendidikan dan didorong dengan adanya perintah dari Dikbud langsung. Akhirnya SMAN 4 Mataram pun harus menampung beberapa calon siswa di zona terdekat. Tapi pihaknya tetap membatasinya dengan hanya menerima dua kelas saja. (cr-rie)