SMAN 1 Gerung Beri Keterampilan Kesenian

HASIL KARYA: Guru SMAN 1 Gerung memperlihatkan hasil keterampilan siswanya (HERY/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG–Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Gerung Kecamatan Gerung, Lombok Barat memberikan keterampilan terhadap siswanya berupa kesenian. Para siswa dipersilahkan memilih tiga keterampilan kesenian, yaitu seni musik, seni tari, dan seni rupa. Dari ketiga keterampilan kesenian hanya seni musik dan tari yang kerap mengikuti kontes.

“Kita telah sediakan tiga jenis keterampilan kesenian kepada para siswa, dan mereka bebas memilihnya,” terang Kepala SMAN 1 Gerung, H. Nasrun MPd kepada Radar Lombok, kemarin (3/9).

Pada seni tari ada tarian tradisional hingga modern. Sementara, seni musik ada tradisional seperti gendang belek hingga band, kedua jenis musik ini sering kali tampil baik diundang maupun mengikuti kontes. “Gendang beleq kita sering diundang,” tandasnya.

Sedangkan seni rupa belum pernah dilombakan. Tetapi para siswa telah banyak menghasilkan karya seperti, kaligrafi, hiasan jam tembok, ingke, dan pemanfataan limbah sampah.

Pihak sekolah katanya, telah menyediakan masing-masing keterampilan guru pembina. Antara guru pembina dengan siswa menentukan sendiri waktunya pada waktu sore. Pihak sekolah selalu memberikan suport kepada siswa untuk terus berkreasi, tidak hanya pada akademik. Namun, siswa juga boleh mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang disediakan sekolah. “Banyak kegiatan ekstrakulikuler yang kami siapkan disini,” tandasnya.(flo)