SMA Hang Tuah Jadi Lokasi Tes Psikologi

TES PSIKOLOGI: Para peserta tes psikologi khidmat dan sibuk menjawab soal-soal yang disodorkan (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Sebanyak 37 peserta yang tergabung dalam siswa, anggota dan keluarga anggota TNI AL mengikuti tes psikologi di SMA Hang Tuah 3 Mataram. Kegiatan tersebut diselenggarakan Dinas Psikologi Angkatan Laut bekerjasama dengan Pangkalan AL NTB beserta jajarannya.

Sekertaris Dinas Psikologi AL Surabaya, Kolonel Tri Budi mengatakan, kegiatan tes psikologi ini bertujuan mengetahui kesehatan jasamani dan rohani generasi bangsa. Dengan begitu, pihaknya sebagai tim tes akan bisa mengetahui karakter, minat dan kemampuan peserta.

Dalam tes ini, peserta diberikan pertanyaan-pertanyaan khusus seputar kepribadian. Isi pertanyaan semuanya sama, tapi jawaban peserta akan berbeda-beda. “Dari sanalah tim kami nanti bisa melihat kekurangan yang perlu diperbaiki dan kelebihan yang harus peserta tingkatkan,” ungkapnya, Selasa (11/10).

Dikatakan, kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi peserta. Lewat kegiatan ini, peserta bias mengevaluasi diri.

Kegiatan tes psikologi, ujarnya, diadakan sekali dalam dua tahun. Pelaksanaan kegiatan ini cukup terbatas.Praktis, pihaknya sangat berharap banyak yang mengikuti tes tersebut.

Sementara Danlanal NTB, Kolonel Marinir Djentayu, selaku pembina di SMA Hang Tuah 3 Mataram sangat berterima kasih kepada Dinas Psikologi AL Surabaya. Lontaran ini disampaikan mengingat dinas Psikologi AL Surabaya telah berkesempatan memilih wilayah NTB sebagai lokasi kegiatan. Terlebih kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para peserta. (cr-rie)