SMA Favorit Mataram Diserbu Pendaftar Jalur Prestasi

H Ismail (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)
H Ismail (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Pelaksanaan untuk Pra Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jalur prestasi jenjang SMA Negeri diserbu oleh calon siswa baru yang berlangsung pada 8-11 Juni. Di sejumlah SMA masuk kategori favorit, seperti SMAN 1 Mataram, SMAN 5 Mataram, SMAN 2 Mataram dan SMAN 3 Mataram menjadi pilihan bagi orang tua untuk mendaftarkan anak mereka.

“Alhamdulillah, antusias peserta yang mendaftar di jalur prestasi cukup banyak. Terbukti setelah dibukanya Pra Pedaftaran untuk jalur prestasi ada 120 peserta yang daftar dan ini sudah di verifikasi,” kata Kepala SMAN 2 Mataram H Ismail kepada Radar Lombok, Sabtu (13/6).

Ismail menyebut, untuk jalur prestasi akademik ada 97 pendaftar calon siswa, non akademik ada 27 pendaftar calon siswa, kemudian Tahfidz ada 4 pendaftar. Sebanyak 97 pendaftar tersebut sudah dilakukan verifikasi.

Dipaparkan, untuk Tahfidz yang sudah diverifikasi memiliki sertifikat hanya 4 pendaftar. Selain itu, ada pendaftar lewat tahfidz datang ke sekolah untuk di tes, akan tetapi tidak mempunyai sertifikat langsung disarankan oleh sekolah untuk meminta surat keterangan di pondok atau di sekolahnya masing-masing.

“Kita akan layani besok untuk pendaftar yang belum memiliki sertifikat tahfidz,” jelasnya.

Terpisah Kepala SMAN 3 Mataram, Sunoto mengaku siswa yang mendaftar melalui jalur prestasi, baik akademik, non Akademik maupun tahfidz ada 76 pendaftar.

“Alhamdulillah, sudah kita laporkan ke panitia yang mendaftar ada 76 siswa melalui jalur prestasi. Sedangkan untuk perpindahan orang tua di verifikasi langsung oleh Kepala Cabang Dinas (KCD) Mataram-Lombok Barat (Malomba),” jelasnya.

Untuk diketahui, rincian yang melakukan pra pendaftaran di SMAN 3 Mataram untuk jalur prestasi diantaranya, prestasi akademik ada 59 pendaftar, prestasi non akademik 15 pendaftar dan tahfidz ada 2 pendaftar. Dari jumlah 76 pendaftar yang melakukan pra pendaftaran tersebut sekitar 58 pendaftar yang akan diterima. Sementara pendaftar lainnya bisa menggunakan jalur lain. Nantinya mereka akan di seleksi. Sebab kuota sudah ditentukan. Di mana kuota untuk prestasi akademik ada 8 persen sekitar 31 pendaftar, kemudian non akademik 5 persen ada 19 pendaftar dan tahfidz 2 persen 8 pendaftar.

“Jadi total kuota untuk jalur prestasi dan perpindahan ada 77 pendaftar di SMAN 3 Mataram,”  terangnya. (adi)