SMA 1 Terara Tidak Pungut Biaya Daftar Ulang

H.Hairul Anwar (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG –Menjelang momentum Penerimaan Perserta Didik Baru (PPDB) tahun ini, jajaran SMAN 1 Terara Lombok Timur memastikan tidak akan memungut biaya daftar ulang.

“Dari dulu hingga sekarang kita tidak pernah menarik uang daftar ulang kepada semua siswa. Jadi tetap kita gratiskan,”kata Kepala SMAN 1 Terara, H. Hairul Anwar kepada Radar Lombok, Minggu. (4/6).

Biaya daftar ulang, sebutnya, pada tahun-tahun sebelumnya diakuinya memang ada. namun itu karena adanya uang titipan  untuk pembelian baju seragam. Praktis, pihaknya mengambil uang daftar ulang untuk memesan baju seragam siswa.

Berbeda dengan tahun ini, sebutnya, demi menjaga nama sekolah dan mencegah adanya anggapan bersekolah mahal. Pihaknya memutuskan biaya seragam siswa ditangani orangtua masing-masinmg siswa.

BACA JUGA :  Calon Petahana Sebaiknya Tidak Mundur

Sementara itu, terkait sistem zonasi yang diterapkan oleh pemerintah, katanya, untuk SMAN 1 Terara tidak terpengaruh. Yang mana pada tahun 2017 ini sekolah menerapkan tiga jalur penerimaan siswa baru.

“Jalur yang pertama dinamakan jalur pra sejahtra, jalur prestasi dan reguler,” terangnya.

Untuk jalur pra sejahtra, diperuntukkan kepada calon siswa yang memiliki kartu KIP dan PKH yang berada dalam zona dan tidak ada uang sekolah selama menjadi siswa di SMA. Jalur reguler untuk calon siswa umum yang berada di dalam zona tetapi tetap harus membayar dana BPP yg besarannya maksimal 150.000. Sementara jalur prestasi tentunya bagi siswa yang berprestasi. (cr-wan)