Skenario Pengaturan Lalu Lintas Saat MotoGP Mandalika 18-20 Maret 2022

MATARAM–Gelaran MotoGP yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), tinggal hitungan hari saja.

Berbagai persiapan dilakukan oleh para pihak terkait, untuk menyukseskan gelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022 itu.

Seperti halnya Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) Kombes Pol Djoni Widodo yang telah menyusun sekenario pengaturan lalu lintas.

“Pengaturan lalu lintas tersebut, nantinya akan menjadi panduan masyarakat yang akan menonton MotoGP Mandalika tanggal 18 hingga 20 Maret 2022 ini,” jelas Kombes Pol Djoni, di Kantornya, Rabu (2/3/2022) dalam rilisnya.

Dalam sekenario itu digambarkan penonton MotoGP Mandalika yang hadir diperkirakan berjumlah 65 hingga 100 ribu orang.

BACA JUGA :  Rampas iPhone Bule Prancis di Mandalika, Dua Pemuda Pujut Dibekuk

Nantinya para penonton yang masuk atau datang akan masuk melalui lima pintu masuk ke Pulau Lombok.

Lima pintu masuk ke pulau Lombok yang dimaksud yakni, Bandara Internasional ZAM Lombok Tengah, Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal dan Pelabuhan Kayangan.

Agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di area parkir Sirkuit Mandalika, sebagian akan diarahkan ke eks Bandara Selaparang Kota Mataram, terutama bagi penonton MotoGP Mandalika yang datang dari Pelabuhan Bangsal Lombok Utara.

Di lima pintu masuk tersebut akan disiapkan tempat untuk verifikasi tiket, dan petugas covid-19 untuk melakukan pengecekan prosedur kesehatan covid-19 kepada para calon penonton MotoGP.

Untuk di Eks Bandara Selaparang, calon penonton yang dari luar, dalam atau yang menginap di Kota Mataram, akan dicek kelengkapannya, baik tiket atau dokumen lain yang diharuskan bagi penonton.

BACA JUGA :  Rampas iPhone Bule Prancis di Mandalika, Dua Pemuda Pujut Dibekuk

Dirlantas Polda NTB menyatakan bahwa petugas juga telah menyiapkan 278 moda transportasi yang terdiri dari 27 mini bus besar, 70 unit bus sedang dan 181 unit bus kecil.

“Di masing-masing pintu masuk telah disiapkan kendaraan gratis untuk menuju ke Sirkuit Mandalika bagi penonton MotoGP,” jelas Kombes Pol Djoni.

Kendaraan gratis untuk penonton MotoGP tersebut tentunya telah melewati uji kelaikan, baik petugas maupun mobilnya.

Selain itu, mobil gratis untuk penonton MotoGP Mandalika dilengkapi dengan stiker khusus, agar penonton tidak salah masuk kendaraan. (RL)