SKB Tematik Ikut Tekan Angka Pengangguran

HL. Maksudi (Dok/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG – Angka pengangguran di Lombok Barat mencapai 14 ribu lebih. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tematik Lombok Barat ikut berupaya menekan angka pengangguran dengan mengembangkan program kursus Pendidikan Kecapakan Hidup (PKH) dan Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM). “Dua program ini merupakan wahana pendidikan bagi masyarakat guna menurunkan angka pengangguran,” ungkap Kepala SKB Tematik Lombok Barat HL. Maksudi kepada Radar Lombok kemarin.

Ini merupakan upaya Pemkab Lombok Barat meningkatkan kualitas hidup masyarakata baik dari segi ekonomi,  sosial dan budaya. Adapun jenis program kursus diantaranya kursus komputer perkantoran, kursus las listrik, kursus tata boga, kursus otomotif, dan kursus menjahit dan lain-lain. Program ini diberikan kepada masyarakat khsususnya pemuda. “ Kegiatan ini dilakukan setiap tahun guna menekan angka pengangguran di Lombok Barat,” terangnya.

Dengan adanya program kursus ini, sambungnya, masyarakat bisa mengakses kemampuan di masing-masing kursus yang ada. Kursus diberikan secara gratis selama 2 bulan. Setelah diberikan materi sesuai keterampilan yang dipilih kemudian mereka akan langsung mempraktekannya. Baru setelah itu, peserta akan ditempatkan magang di instansi baik pemerintah maupun swasta.

SKB dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang pendidikan non-formal.  Dengan adanya pengangguran, dibuatlah SKB Tematik untuk mengasah keterampilan warga.

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid