Siswa SMKN 1 Selong Produksi Sepeda Motor Listrik

MENCOBA : Kepala Dinas Dikbud NTB H Aidy Furqan saat mencoba kendaraan listrik hasil karya siswa SMKN 1 Selong. (IST/ RADAR LOMBOK )

SELONG  – Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Selong berhasil menciptakan sepeda motor listrik, meski dalam situasi pandemi Covid-19. Siswa Jurusan Otomotif dan program Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) tetap berinovasi untuk mengasah kemampuannya dengan memproduksi sepeda motor listrik.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Humas SMKN 1 Selong Iwan Yanuar mengatakan, produksi sepeda motor listrik ini dikerjakan sekitar sebulan yang lalu. Dimana sepeda motor ini menggunakan kerangka sepeda motor Yamaha Mio.

“Siswa kita ini berhasil merakit sepeda motor listrik dengan menggunakan kerangka Yamaha Mio, dan alhamdulillah sudah bisa berjalan,” kata Iwan, Selasa Rabu (7/4).

BACA JUGA :  Siswa Keluhkan Kesulitan Menjawab Soal Matematika

Sepeda motor listrik hasil karya siswa SMKN 1 Selong ini rencananya akan dimodifikasi lagi menjadi motor sport. Adapun daya listrik yang mampu ditampung oleh motor listrik hasil karya siswa SMKN 1 Selong ini cukup kuat, sehingga jarak tempuhnya pun lumayan jauh. Untuk saat ini, daya listrik yang berhasil ditampung motor listrik produksi karya siswa SMKN 1 Selong ini dengan jarak tempuh sekitar 60 kilometer (km).

Dengan berharsilnya siswa SMKN 1 Selong menciptakan sepeda motor listrik ini, Kepala Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB Dr H Aidy Furqan pernah mencoba motor tersebut saat berkunjung ke SMKN 1 Selong belum lama ini.

BACA JUGA :  Pasca UN, 17 Laptop Diembat Maling

“Kemarin pak kadis juga sudah mencobannya dan mengapresiasi hasil karya siswa SMKN 1 Selong,” ungkapnya.

Iwan mengaku bahwa saat ini SMKN 1 Selong sedang mempersiapkan Expo hasil karya siswa. Expo tersebut rencananya akan digelar saat perayaan Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) 2 Mei mendatang.

“Semoga kegiatan Expo hasil karya siswa SMKN 1 Selong pada peringatan Hardiknas 2 Mei berjalan lancar dan sukses,” harapnya. (wan)