Siswa SMAN 4 Mataram Diberi Edukasi Berkendara Aman

Tim Safety Riding Astra Motor Mataram pose bersama puluhan siswaSMAN 4 Mataram peserta edukasi berkendara aman. (IST)
Tim Safety Riding Astra Motor Mataram pose bersama puluhan siswaSMAN 4 Mataram peserta edukasi berkendara aman. (IST)

MATARAM – Astra Motor Mata-ram memberikan edukasi safety riding kepada pelajar SMA Negeri 4 Mataram . Kegiatan edukasi safety riding sebagai salah satu peran aktip Astra Motor Mataram mengajak pelajar untuk tetap mengutamakan keselamatan saat berkendara dengan tagline #Cari-aman.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Mataram, Sugian mengatakan masih banyak pengendara khususnya pelajar yang tidak peduli akan ke-selamatan berkendara. Kebanyakan kecelakaan dijalan disebabkan oleh pengendara yang masih dibawah umur, karena minimnya pengetahuan tentang Safety Riding.

“Meskipun mereka belum cukup umur untuk mendapat izin mengendarai sepeda motor, mereka tetap nekat dengan alasan jarak rumah yang jauh dari tempat yang dituju,”kata Sugian dihadapan puluhan siswa SMAN 4 Mataram, Sabtu (8/9).

Kegiatan penyuluhan untuk siswa yang membawa sepeda motor ini diadakan oleh Tim Safety Riding Astra Motor HSO Mataram diikuti oleh kurang lebih 100 siswa SMAN 4 Mataram yang membawa sepeda motor ke sekolah.

Sugian menjelaskan, Safety Riding adalah kegiatan aman dan nyaman saat berkendara untuk pengendara dan pengguna jalan lain. Jadi,seorang pengendara harus mem-perhatikan keamanan diri sendiri saat berkendara dan juga kenyamanan pengguna jalan lain. Meskipun masih dibawah umur, seorang pengendara harus tetap memperhatikan keamanan saat berkendara.

Seseorang sudah aman saat berkendara bisa dilihat dari kelengkapan atribut yang dipakai, kondisi fisik dan mental orang tersebut, dan juga kondisi kendaraannya. Kelengkapan atribut pengendara, yaitu helm, jaket,sarung tangan, dan juga sepatu. Kondisi fisik dan mental seseorang adalah kondisi sadar tidak terpengaruh obat obatan yang bisa menyebabkan kantuk saat berkendara.

Selain itu, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kondisi kendaraannya harus sesuai dengan standar yang ada, misalnya kaca spion harus ada dua, rem sepeda harus berfungsi semuanya, dan juga kendaraan tidak di modifikasi yang menyebabkan beberapa onderdil tidak berfungsi lagi.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah agar bisa merasakan merk Honda dengan yang lainnya dan agar mengerti pentingnya Safety Riding,” terang Sugian.

Kegiatan edukasi kepada siswa SMAN 4 Mataram diawali dengan pemberian materi Safety Riding, praktik cara berkendara yang baik dan aman, game aman berkendara, pertanyaan tentang aman berkendara, dan kegiatan-kegiatan lain yang tentu nya menarik untuk diikuti. Di akhir acara, tim safety riding Main Dealer HSO Mataram memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan inti materi Safety Riding. Dan siswa yang mampu menyampaikan materidengan baik dan benar akan diberikan hadiah dari Astra Honda Mataram berupa Helm, kaos dan lain-lain. (luk)