Siswa Sekolah Swasta Dijatah BSM

MATARAM–Pemerintah Provinsi (Pemprov NTB 2016 ini menggelontorkan anggaran dari APBD murni untuk membantu siswa miskin di sekolah/madrasah swasta. Terdapat sebanyak 27.769 siswa SD/MI dan SMP/MTs swasta mendapatkan Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) NTB, Muhammad Yahya mengatakan, Pemprov NTB menggelontorkan anggaran sebesar Rp 6.6 miliar lebih. Jatah ini diperuntukan khusus bagi BSM sekolah swasta di jenjang pendidikan dasar di NTB.

“Bulan Agustus ini dana BSM sudah mulai dicairkan ke siswa penerima,” kata Yahya di Mataram, Kamis (11/8).

Ia menyebut setiap siswa SD/MI menerima BSM yang bersumber dari APBD NTB murni ini sebesar Rp180 ribu dan siswa SMP/MTs mendapatkan sebesar Rp 300 ribu/tahun.  “Penyalurannya langsung untuk satu tahun. Sekarang dalam proses pencairan,” ucap Yahya.

Dana sebanyak Rp 6,6 miliar itu, jelasnya, akan menyisir sebanyak sebanyak 1.454 murid SD dan MI sebanyak 12.435 murid. Untuk Murid SD akan dijatah sebanyak Rp 261 juta lebih dan murid MI sebanyak Rp 2.2 miliar lebih. Kemudian untuk jenjang SMP sebanyak 2.565 siswa dengan total anggaran sebesar Rp 769 juta lebih. Sedangkan MTs sebanyak 11.315 siswa dengan total anggaran sebesar Rp 3.394 miliar lebih.

Yahya mengatakan, bantuan BSM tersebut untuk membantu kebutuhan pendidikan bagi siswa miskin yang terdaptar di sekolah/madrasah swasta di NTB. “Kita beharap dengan BSM ini tidak ada lagi siswa kurang mampu yang putus sekolah di jenjang pendidikan dasar,” harapnya. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid