Siswa MAN IC Wakili NTB ke Tingkat Nasional

man-IC
WAKILI: Siswa MAN IC yang akan mewakili NTB ke tingkat nasional dalam OSN yang akan digelar nanti pada bulan Juli mendatang. (JANWARI IRWAN/RADAR LOMBOK)

SELONG – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Lombok Timur kembali mengharumkan nama daerah. Satu siswa MAN IC telah dinyatakan lolos seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) di tingkat nasional.

Guru Biologi MAN IC Lombok Timur, Eka Wahyuningsih mengaku bangga dengan capaian siswanya. Menurutnya, itu tidak terlepas dari pola pembimbingan intensif selama yang diberikan oleh guru – gurunya yang dilakukan pihak madrasah. Selama ini, sehingga mamou menjadi perwakilan NTB ketingkat nasional yang akan diigelar di Manado Sulawesi Utara bulan juli mendatang. “OSN tingkat nasional akan digelar 30 Juni hingga 6 Juli 2019 di Manado, Provinsi Sulawesi Utara,” ungkapnya kepada Radar Lombok, kemarin (9/5).

MAN IC sendiri berhasil lolos sebagai juara ditingkat provinsi dalam mata pelajaran biologi ini setelah berhasil mengalahkan beberepa kandidat yang berasal dari semua kabupaten. Dengan adanya raihan ini, MAN IC akan menyiapkan kembali anak didiknya agar bisa menjadi juara satu di tingkat nasional. “Di tengah keterbatasan yang kita miliki, mulai dari laboratorium yang tidak ada, serta perspustakaan juga tidak ada, anak – anak kita mampu memberikan yang terbaik untuk sekolah dan kabupatennya. Ini menjadi luar biasa,” ujarnya.

BACA JUGA: Hardiknas Diwarnai Aksi Corat-coret Pelajar

Ia mengatakan, MAN IC sendiri belum genap  berusia dua tahun beroperasi tetapi sejauh ini berbagai prestasi telah dikukir. Begitu halnya dengan fasilitas sekolah yang serba kekurangan, bukan membuatnya menjadi satu kendala. Karena anak – anak bisa memanfaatkan sumber – sumber yang lain untuk mencari buku sebagai pedoman. “Meski dengan keterbatasan, alhamdulillah, hampir sema mata pelajaran siswa kita bersaing ketingkatkat yang tinggi meski belum mendapatkan juara satu,” akunya.

Sementara itu, Wakil Kepala Madrasah MAN IC, Usup mengatakan, siswa yang akan berangkat mewakili NTB bernama Rima Cahyati Kusuma Dewi  kelas yang masih duduk di bangku kelas 10. Dengan adanya siswa yang akan menjadi perwakilan NTB nantinya, ia berharap siswanya mampu meraih juara.

Untuk bisa meraih juara di tingkat provinsi ini, tentunya berbaga terobosan dilakukan oleh MAN IC. Seperti saat  membuat program unggulan untuk akdemik, sehingga dengan adanya program yang diberikan kepada siswa, banyak siswa MAN IC yang sudah mengharumkan nama sekolah. “Semoga pada saat lomba nanti, siswa ini mampu meraih juara satu, sehingga nama NTB di tingkat nasional semakin membanggakan,” harapnya. (wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid