Siswa MAN 2 Mataram Gemilang di ADC

JUARA: Para juara ADC Man 2 Mataram kala berpose bersama kepala madrasahnya, HL Syauki MS dan pembinanya, Finas Karismayanti (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Prestasi MAN 2 Mataram tak henti-hentinya membuat masyarakat berdecak kagum. Terbaru, sekolah ini berhasil keluar sebagai juara ketiga dalam lomba Argument Debating Championship (AD) yang digelar Universitas Mataram (Unram).

Dalam lomba berskala Bali-Nusra ini, juga berhasil mengantarkan salah satu peserta ADC menjadi juara 1 best speaker.

Kepala MAN 2 Mataram, H Lalu Syauki MS mengatakan, prestasi yang diraih siswa ini membuat pihaknya bangga. Prestasi yang ditorehkan siswa disebutnya tidak lepas dari bimbingan yang diberikan jajaran guru di madrasah itu.

“Kita behasil menjadi juara karena tidak lepas dari bimbingan para guru,” ungkapnya, Selasa (22/11).

Keberhasilan kalangan siswa menjadi juara di lomba ini disebutnya tidak lepas dari persiapan yang dilakukan tim debat. Persiapan yang dilakukan disebutnya cukup matang.

Dalam proses persiapan menyongsong lomba tersebut, jelasnya, kalangan guru pembina dan siswa sama-sama berjibaku menyiapkan materi yang dilombakan. Materi tersebut lantas dimatangkan dan dilakukan pengayaan.

"Siswa kami memang sudah dipersiapkan lebih awal setelah mendapat informasi akan adanya ajang lomba itu," katanya.

Dikatakan, para peserta debat yang mengikuti ADC ini merupakan siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler (eskul ) MAN 2 Mataram English Club (MEC). Dimana kemampuan rata-rata bahasa Inggris mereka disbanding siswa kebanyakan di madrasah itu jauh lebih baik.

ADC Unram berlangsung sejak 18-20 November 2016. Terdapat sebanyak 40 tim dari berbagai daerah seperti Bali, Bima, Dompu, KSB dan Lombok. Semua peserta yang ikut bersaing sportif dan memiliki kemampuan yang tak kalah bagus.

Sementara itu, pembina MEC MAN 2 Mataram, Fina Karismayanti mengatakan, ada tiga tim yang didelegasikan MAN 2 Mataram. Ketiga tim yang ikut bertanding sudah lebih dulu dipersiapkan secara maksimal.

Sementara itu, siswa MAN 2 Mataram yang berhasil keluar sebagai juara 1 best spekar yakni Anindita Almira Wulandari. Sosok siswa yang satu ini tergabung dalam personil tim A madrasah tersebut. Ia didapuk sebagai best speaker lantaran dianggap paling vokal dan menguasai materi yang disampaikannya kala berdebat. (cr-rie)