Siswa Keluhkan Kesulitan Menjawab Soal Matematika

unbk
KESULITAN: Potret puluhan siswa di salah satu SMP yang terlihat pusing karena kesulitan menjawab Soal UNBK di hari kedua.

MATARAM — Sejumlah SMP/MTs di Kota Mataram mendapatkan banyak keluhan dari para siswanya, lantaran, tingkat kesulitan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini terbilang makin tinggi. Akibatnya, semua siswa sebagai peserta UNBK banyak yang merasa pusing menjawab soalnya sendiri.

“Banyak siswa mengeluhkan kesulitan soal UNBK, terutama ada Matematika dan Bahasa Indonesia, ” kata Kepala SMPN 2 Mataram, H Lalu Suwarno, Selasa kemarin (24/4).

Suwarno menuturkan, pada sesi pertama di hari kedua pelaksanaan UNBK di SMPN 2 Mataram menerima beberapa keluhan yang masuk dari siswanya. Diantara keluhan yang dimaksud adalah, mengenai tingkat kesulitan soal yang harus di jawab siswa. Siswa yang menjawab soal UNBK, diantara soal yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi adalah Matematika dan Bahasa Indonesia.

Di hari kedua pelaksanaan UNBK untuk mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia, yang paling terasa bagi siswa itu penyelesaian jawaban setiap butir soalnya. Atas kesulitan tersebut, tidak sedikit siswa yang habis waktunya karena kebingungan dengan isi soalnya sendiri.

“Banyak siswa yang mengaku kehabisan waktu, karena kesulitan menjawab soal UNBK,” tuturnya.