Siswa Baru Dijanjikan Seragam Gratis

H Effendi Eko Saswito (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM–Upaya memutus pungutan di sekolah pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2017 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram telah menyusun stratengi. Salah satunya, pemberian seragam gratis bagi siswa baru.

Sekda Kota Mataram, H Effendi Eko Saswito mengatakan, penerimaan siswa baru pada tahun ini, dipastikan berbeda dari tahun sebelumnya. Kalangan orangtua diminta tidak lagi memikirkan harga seragam yang sampai  harga jutaan rupiah.

‘’Sudah tidak ada lagi jualan seragam di sekolah. Pemkot akan mengadakan pembiayaan untuk pembelian seragam, tidak ada pengecualian baik anak tidak mampu maupun anak mampu. Semua dibagikan gratis,’’ katanya, Senin (23/1).

[postingan number=3 tag=”pendidikan”]

Dikatakan Eko, program ini baru satu-satunya di NTB. Program ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah  Kota Mataram pada pendidikan. Saat ini, sekolah diminta untuk mempersiapkan diri serta melaporkan beberapa kapasitas sekolah bersama dinas tekait.  Meski penerimaan siswa baru pada Juli mendatang, tapi persiapan harus dilakukan lebih awal.

Pengadaan seragam gratis, jelasnya, akan dianggarkan melalui APBD Perubahan. Sesuai dengan hasil evaluasi selama ini setiap tahunya saat PPDB, penerimaan siswa baru selalu menjadi sorotan terutama terkait keluhan masyarakat terkait pembelian seragam sekolah.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Kota Mataram, L Suriadi, mendukung langkah pemerintah Kota Mataram dalam pembelian seragam gratis. Apalagi bagi kalangan masyarakat tidak mampu saat ini, setiap penerimaan siswa baru selalu menjadi persoalan terkait pembelian seragam yang sampai diatas Rp 1 juta, bahkan ada yang sampai Rp 3 juta di beberapa sekolah.

Ia berharap, Pemkot untuk serius menyusun program ini dan disertakan dalam APBD perubahan. Sehingga tidak ada lagi pungutan yang bermodus pembelian seragam sekolah yang selalu dijadilkan alasan sekolah. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid