Sirkuit Motorcross Lantan Mulai Dikerjakan

MENINJAU: Bupati dan wakil bupati Lombok Tengah bersama berbagai pihak saat meninjau progres pengerjaan sirkuit motorcros di Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara, Senin (4/4). (M Haeruddin/Radar Lombok)

PRAYASirkuit Motorcros di Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara (BKU) kini sudah mulai dikerjakan. Bahkan untuk memastikan pengerjaan tersebut berjalan maksimal, Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri bersama Wabup, Sekda didampingi Kadis PUPR, Kadis Kesehatan, Dirut PDAM dan Kades Lantan memantau langsung progres pembangunan sirkuit tersebut.

Seperti diketahui bahwa keberadaan sirkuit motorcros ini akan digunakan menjadi lokasi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motorcros yang akan dilaksanakan pada awal November mendatang. Pemkab sedang mengebut pembangunan tersebut meski belum diketahui secara pasti asal anggaran pembuatan sirkuit motorcros tersebut.

Lalu Pathul Bahri menegaskan, pembangunan sirkuit motorcros ini tidak lain tujuannya semata-mata untuk menggerakan ekonomi dan penyeimbangan pembangunan antara selatan dan utara. Kalau sirkuit motorcros ini jadi, maka perbaikan ekonomi diyakini akan semakin baik dan semakin bagus di wilayah utara. “Karena event motorcros insyaallah jika tidak ada aral melintang, maka akan dilaksanakan di minggu pertama atau kedua bulan November tahun ini. Maka persiapan-persiapannya harus dilakukan, termasuk melatih para marshal juga sudah dilaksanakan. Tapi jangan ditanya dari mana anggarannya,” ungkap Lalu Pathul Bahri saat meninjau sirkuit, Senin (4/4).

BACA JUGA :  Gelapkan Ratusan Mobil, MAF Ditangkap di Kalimantan

Pathul menegaskan yang penting niat dari seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat berkarya untuk membangun sirkuit. Di satu sisi dengan adanya sirkuit ini, maka ke depan akan ada ratusan bahkan ribuan tenaga kerja yang akan terserap. “Sekarang ini pembangunan baru mulai dan baru 20 persen progres pengerjaan. Tapi kita bisa buktikan beberapa bulan kedepan sudah selesai,” tambahnya.

Pathul menegaskan, ke depan jika fasilitas pendukung sirkuit lengkap, maka empat hingga enam bisa terlaksana dengan maksimal. Berbagai fasilitas pendukung juga sudah mulai dipikirkan seperti penyediaan penginapan untuk para tamu yang datang. “Termasuk jalan-jalan sudah mulai kita benahi, homestay juga akan kita manfaatkan dengan maksimal. Ini juga kesempatan masyarakat untuk berbenah karena nanti bisa rumah mereka dimanfaatkan untuk penginapan,” tambahnya.

BACA JUGA :  Satpol PP Sita Ratusan Liter Tuak dan Berem

Sementara itu, Kepala Desa Lantan, Lalu Erwandi menegaskan, pembangunan sirkuit motorcros ini sebenarnya sudah dimulai pengerjaanya sudah empat hari. Pihaknya berharap kepada semua pihak untuk ikut bersama membangun dan memberikan masukan terkait dengan peroses pembangunan sirkuit motorcros ini. “Sesuai hajatan dari bupati untuk membangun sirkuit motorcros ini sebagai bentuk penyeimbangan antara wilayah utara dan selatan. Termasuk juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama di utara,” terangnya.

Pihak desa juga mengaku sudah melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat, baik itu sosialisasi secara kelompok dan berbagai cara lainnya. Sehingga oleh masyarakat terutama di Desa Lantan sangat antusias dalam menyambut event motorcros ini. “Alhamdulilah untuk persiapan penginapan, kami melalui porkdarwis Desa Lantan sudah melakukan upaya sosialisasi untuk mengidentifikasi beberapa rumah yang memang layak untuk dihuni atau dijadikan homestay bagi tamu yang datang,” tambahnya. (met)