Sirkuit Mandalika Dites Motocross Dunia

MOTORCROSS: Selain untuk persiapan MotoGP, sirkuit KEK Mandalika juga rencananya akan digunakan untuk motorcross tahun ini. (DOKUMEN/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Berbagai evant internasional akan berlangsung di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Salah satunya gelaran kejuaraan dunia Motocross MXGP yang akan diselanggarkan pada Desember mendatang.

Hal ini disampaikan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah setelah berdiskusi bersama pimpinan MGPA beberapa waktu lalu di Jakarta terkait NTB sebagai lokasi gelaran event internasional motocross di Mandalika. Gubernur membenarnya soal itu bahkan rencananya akan digelar pada Desember mendatang. “Ya betul pada Desember nanti NTB sebagai tuan rumah motocroos,” ungkap Gubernur saat dikonfirmasi soal rencana evant kelas dunia itu, Jumat (2/7).

Hal itu ditegaskan karena pemerintah pusat telah memikirkan selain MotoGP yang batal digelar tahun ini. Maka ketika orang berpikiran tentang mandalika tentu sebagai tempat balapan motor. “Jadi salah satu evant internasional itu ada Motocross. Tapi bukan disirkuit Mandalika tempatnya, kalau tidak salah dua km dari sirkuit MotoGP tapi tetap dalam satu kawasan ITDC di KEK Mandalika,” jelasnya.

BACA JUGA :  Antisipasi Dampak PPKM Darurat Jawa-Bali

Ketika evant internasional itu bisa terselanggarakan nanti, tentu akan berdampak ke tingkat kunjungan wisatawan baik domistik maupun mancanegara. “Kalau itu bisa jadi diselanggarakan, ya benar-benar dahsyat-lah (Mandalika) sebagai pusat balapan. Selain ada Superbike, motoGP dan ada motocroos dunia,” katanya.

Soal apa menjadi persiapan dengan adanya rencana evant internasional motocroos itu, sambung Zulkiefli,  tentu akan melihat perkembangan dari pihak penyelenggaran yang akan menyiapkan lokasinya dan lain sebagainya. “Karena mereka sebagai penyelenggara, mereka juga yang menyiapkan lokasi kita ini mendukung saja. Masalah persiapannya nanti mereka yang akan update ke kita,” ujarnya.

Karena menurutnya, evant motocross dunia ini sudah memiliki standar khusus dan terorganisir dalam penyelenggarakan. “Kita tinggal menyediakan dimana lokasi, kalau masalah perserta dan segala macam itu sudah ada dari mereka,” imbuhnya.

Kapala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, H Yusron Hadi juga menegaskan soal adanya evant kelas dunia itu yang akan diselanggarakan dikawasan KEK Mandalika. Namun soal kepastian lokasi dan lintasan belum diketahui pasti. “Kalau soal lintasan kita masih tunggu perkembangannya. Intinya tidak jauh dari sirkuit motoGP mandalika,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Pemprov Diminta Intervensi Harga Tembakau

Meski demikian berkaitan dengan evant internasional tersebut, pihaknya menegaskan bahwa telah siap seperti halnya dengan evant internasional lainnya. “Tapi berkaitan dengan evant motocross pada Desember nanti kita sudah siap sama halnya dengan evant lainnya seperti Superbike dan sebagainya yaitu kita siap sebagai tua rumah,” katanya.

Karena dalam setiap evant yang mengundang kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara tentu sangat beda perlakuannya. Apalagi sekarang ini untuk motocross panitian penyelenggara masih mempersiapkan. “Karena panitianya sedang mempersiapkan, apa bentuk dukungan yang akan kita berikan. Karena setiap evant internasional tentu berbada perlakuan dan dukungan yang akan diberikan,” katanya. (sal)