Siapkan 1500 Lowongan Kerja, Job Career Diserbu Pelamar

MATARAM—Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menggelar Job Career yang diselenggaran selama dua hari di Lombok Epicentrum Mall (LEM), dari tanggal 24-25 Agustus 2016.

Ratusan orang memadati bursa kerja yang melibatkan 30 perusahaan nasional yang membuka kantor cabang di Provinsi NTB. Dimana dari 30 perusahaan yang terlibat langsung dalam bursa kerja tersebut, didominasi perusahaan perhotelan yang ada di Kota Mataram dan kawasan Senggigi, Lombok Barat.

Di pameran bursa kerja (job karir) yang diadakan di lantai dua LEM ini, pada hari pertama ratusan orang dari berbagai daerah di NTB terlihat berdesakan untuk mendapatkan informasi dari masing-masing petugas di stand setiap perusahaan yang ikut bursa kerja. Sebagian besar pengunjung di hari pertama tersebut langsung menulis lamaran di tempat, setelah mendapatkan penjelasan dari penjaga stand perusahaan.

Berbagai persyaratan juga langsung dilengkapi oleh calon pelamar, sehingga begitu sampai di lokasi bursa kerja, hanya tinggal menulis posisi yang diterima oleh perusahaan. Sebagian lainnya hanya sebatas mengunjung stand dan menuliskan namanya di daftar pelamar, serta tidak menyerahkan berkas lamaran.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja, Disnakertrans Provinsi NTB, H. Zaenal menyebut jika pada pelaksanaan Job Karir yang dipusatkan di LEM tersebut membuka lowongan kerja sebanyak 1.500 orang dari 30 perusahaan yang ikut dalam pameran bursa kerja tersebut. “Sebagian besar pameran bursa kerja di LEM ini diikuti perusahaan hotel,” kata Zaenal di Mataram, Rabu (24/8).

Bursa kerja yang dilaksanakan Disnakertrans NTB ini merupakan yang pertama pada tahun 2016. Dimana sebelumnya di tahun 2015 Disnakertrans NTB juga mengadakan bursa kerja yang dipusatkan di Gelanggang Olahraga, Ampenan yang juga merupakan Kantor BPPSPO unit Dinas Dikpora NTB.

Zaenal belum mengetahui secara pasti berapa jumlah pendaftar yang mengikuti bursa kerja yang dilaksanakan pada hari pertama tersebut. Kendati demikian, dia optimis masyarakat yang akan melamar di ajang bursa kerja tersebut akan melampaui target penerimaan tenaga kerja dari 30 perusahaan sebanyak 1.500 orang karyawan.

“Begitu para pelamar ini diterima, kami akan terus pantau dan kawal realisasinya setelah tiga bulan. Apakah benar atau tidak seperti job yang yang ditawarkan bursa di bursa kerja oleh perusahaan tersebut,” ucap Zaenal.

Pada tahun 2015 lalu, Disnakertrans NTB juga mengadakan Job Carerr yang diikuti puluhan perusahaan. Ketika itu jumlah pendaftar mencapai 4.000 orang. Dari jumlah 4.000 orang tersebut yang disiapkan lowongan kerja untuk sebanyak 3.000 orang. Namun yang terealisasi dan bisa bekerja hanya 2.600 orang setelah dilakukan evaluasi tiga bulan setelah pameran bursa kerja.

“Sisanya banyak yang mengundurkan diri, karena tidak bersedia ditempatkan diluar Kota Mataram. Untuk tahun 2016 ini kita akan terus pantau dan kawal realisasinya di perusahaan,” ujarnya.

Salah seorang pelamar, Suriati berasal dari Desa Darek, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah mengaku terbantu dengan pelaksanan pameran bursa kerja tersebut. Karena selama ini cukup sulit mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja di NTB.

Lulusan AKPAR Mataram ini mengaku sebelumnya pernah juga bekerja di perhotelan, namun ketika itu masih duduk dibangku kuliah, sehingga dia terpaksa mengundurkan diri.

“Mudahan yang sekarang bisa diterima di hotel, karena saya sebelumnya punya pengalam kerja di hotel,” ujar pelamar dari Darek Lombok Tengah ini seraya menyebut, banyak pelamar yang langsung hadir di bursa kerja itu dari Lombok Tengah. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid